Efektifkah Asuransi Elektronik Murah dan Bagaimana Prosesnya

Konten [Tampil]
Asuransi Elektronik Murah

Banyak orang yang menyepelekan tentang asuransi elektronik, karena mereka berpikir hal tersebut hanya sia-sia saja. Bagi mereka yang memang berduit banyak, mungkin berpikir elektronik rusak, tinggal ganti. 

Namun bagi yang berkecukupan, ketika elektronik rusak pasti kebingungan untuk memperbaikinya. Mencari jasa servis yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Di sinilah sebenarnya peran dari memanfaatkan asuransi elektronik murah.

Di tengah zaman dengan teknologi dan mobilitas yang tinggi, peran gadget kini berubah menjadi sebuah kebutuhan pokok dalam kehidupan. Tanpa adanya peran gadget, aktivitas akan menjadi lebih susah, dan tentu tertinggal. 

Jadi berdasarkan tingkat urgensinya ini, layaknya rumah ataupun mobil, sebenarnya perangkat elektronik seperti gadget juga perlu untuk mendapatkan asuransi. 

Konsep dalam asuransi gadget ini sama seperti asuransi pada umumnya, pihak penyedia jasa akan mengcover biaya yang ditimbulkan akibat kerusakan yang terjadi pada gadget. 

Berbeda dengan garansi, asuransi gadget lebih luas cakupannya dalam hal kerusakan. Termasuk dari segi biaya, ada asuransi gadget murah dan ada yang mahal, semuanya tergantung dari jenis kerusakan yang ditanggung. 

Beda Garansi dan Asuransi Elektronik


Kecenderungan yang terjadi di masyarakat kita adalah kurangnya informasi yang memadai tentang perbedaan garansi dan juga asuransi elektronik. Padahal, keduanya memiliki sistem yang berbeda. 

Garansi


Pada dasarnya garansi merupakan fasilitas yang diberikan oleh produsen atau juga penjual gadget, untuk memberikan jaminan bahwa produk yang diterima pembeli adalah dalam kondisi terbaik. 

Biasanya akan diberikan jangka waktu tertentu, untuk bisa melakukan klaim ketika nantinya ada kerusakan pada gadget. Proses klaimnya yakni dengan melakukan penggantian gadget yang rusak dengan yang baru. 

Penyebab kerusakan yang ditanggung pun juga terbatas. Biasanya garansi tidak bisa diberikan, jika terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna itu sendiri. Misalnya, pemakaian tidak wajar dan semestinya, atau jatuh dan rusak karena kecerobohan pengguna.

Asuransi Elektronik


Sementara asuransi elektronik adalah layanan dari pihak ketiga diluar produsen dan penjual produk elektronik, yang memberikan jaminan terhadap kondisi elektronik tersebut. 

Jangka waktu untuk bisa melakukan klaim juga lebih fleksibel, tergantung dari perjanjian yang disepakati. Meski demikian biasanya dari pihak penyedia asuransi sudah menyiapkan paket jangka waktu yang bisa dipilih. 

Hal ini tergantung dari budget yang dimiliki oleh pemilik elektronik itu sendiri, mau memilih asuransi elektronik murah atau yang mahal. 

Klaim yang diberikan juga bervariasi, dari penggantian produk secara keseluruhan atau mengcover biaya perbaikan per kerusakan. Dalam hal ini biasanya disebut dengan istilah All-Risk. 

Termasuk juga penyebab kerusakan yang terjadi pada elektronik. Penyedia jasa asuransi elektronik, mayoritas akan mengcover apapun penyebab dari kerusakan elektronik. Baik yang diakibatkan kelalaian pengguna atau faktor lain seperti terjadi bencana atau musibah.

Efektifkah Memilih Asuransi Elektronik Murah?


Seperti yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya, jika dilihat dari asuransi elektronik murah atau mahal, selalu jawabannya adalah relatif. 

Kembali lagi disesuaikan dengan kondisi budget yang dimiliki pemilik atau fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi, termasuk juga dari harga elektronik itu sendiri. 

Tentu anda akan berpikir, hal yang sia-sia jika ternyata biaya yang dikeluarkan untuk membayar tagihan asuransi, nantinya jauh lebih besar daripada membeli produk elektronik baru dengan jenis yang sama. Oleh karenanya, cermati jenis paket-paket yang ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi elektronik tersebut.

Jika melihat dari segi asuransi elektronik murah atau mahal, semua pasti setuju jika dalam hal ini harga yang berbicara. 

Semakin mahal biaya premi asuransi yang ditanggung, tentu fasilitas yang diberikan akan jauh lebih baik ketimbang memilih asuransi elektronik yang murah. 

Mendaftar Asuransi Elektronik


Dibandingkan asuransi konvensional untuk rumah atau kendaraan, asuransi elektronik prosesnya jauh lebih mudah daripada yang anda bayangkan. 

Apalagi, sejumlah penyedia jasa tersebut saat ini sudah bisa melakukan registrasi secara online, tanpa anda harus keluar rumah. 

Perusahaan asuransi elektronik tersebut biasanya juga sudah memiliki aplikasi ponsel sendiri, atau website untuk memudahkan anda dalam mengunggah dokumen-dokumen sebagai syarat pendaftaran. 

Berbicara mengenai syarat dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, karena masing-masing penyedia jasa memiliki aturan sendiri, kebanyakan namun tidak terikat, yang harus disediakan oleh pemilik elektronik adalah : 

  • Identitas diri seperti KTP atau SIM
  • Nota atau kwitansi pembelian elektronik
  • Kartu garansi dari toko atau produsen
  • Formulir pendaftaran
  • Materai

Selama ini dari berdasarkan kasus-kasus yang sudah terjadi dan dialami pengguna elektronik maupun penyedia jasa asuransi, pendaftaran pengajuan asuransi dilakukan begitu selesai proses pembelian unitnya. 

Jika memang toko elektronik atau gadget itu cukup besar, biasanya proses pendaftaran dilakukan di tempat itu juga. Akan disediakan tempat khusus berisi beberapa jasa asuransi, yang bisa dipilih oleh pemilik gadget. 

Prosesnya pun juga tidak sesulit jika melalui jasa asuransinya langsung. Pemilik biasanya hanya akan diminta menunjukkan identitas diri dan juga barang yang baru saja dibeli. 

Proses Klaim Asuransi


Ketika anda sudah ikut dalam sebuah asuransi elektronik, dan gadget anda mengalami kerusakan, proses klaimnya pun juga tidak terlalu rumit.

Beberapa perusahaan asuransi itu biasanya menyediakan fitur klaim secara online, sehingga anda tidak perlu mengunjungi kantornya, sementara untuk barangnya anda harus mengirimkannya menggunakan kurir. 

Sayangnya, biasanya proses ini justru lebih lama daripada ketika anda harus melakukan klaim ke kantor secara langsung. 

Baik secara online maupun mendatangi kantor langsung, ada sejumlah dokumen yang harus anda persiapkan untuk proses klaim. Beberapa di antaranya yakni :

  • Kartu identitas diri
  • Buku asuransi
  • Gadget yang ingin diklaim
  • Keterangan kerusakan dari jasa service

Dokumen di atas adalah yang biasanya diajukan oleh penyedia jasa asuransi elektronik ketika anda ingin mengajukan klaim. 

Dokumen lain seperti surat keterangan dari aparat atau perangkat desa setempat juga terkadang dibutuhkan, jika penyebab kerusakan diakibatkan oleh bencana alam atau musibah kecelakaan serta tindak kejahatan. 
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Efektifkah Asuransi Elektronik Murah dan Bagaimana Prosesnya"

  1. saya juga sering asuransi barang barang elektronik di e-commerce toko online, ternyata memang sangat bermanfaat bagi kita

    BalasHapus
Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel