Tips Aman Pilih Travel Umroh Kota Solo Untuk Ibadah Yang Aman Dan Tenang

Terdapat beberapa tips memilih travel umroh Kota Solo yang dapat Anda ikuti agar mendapat agen yang aman dan terpercaya
travel umroh Kota Solo untuk ibadah yang aman dan tenang

Ibadah Umroh atau ibadah haji kecil merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan oleh orang muslim. Saat ini, banyak umat muslim yang menabung dan merencanakan pelaksanaan ibadah umroh ini dari jauh-jauh hari. 

Untuk mempermudah pelaksanaan ibadah ini pun, telah banyak bermunculan agen travel umroh yang siap menguruskan perjalanan ibadah umroh Anda. Dari sekian banyaknya agen travel, masih terdapat beberapa agen nakal yang bukannya membantu pelaksanaan ibadah, malah berbuat curang bahkan menipu Anda.

Oleh karena itu, ketika ingin melaksanakan per halaman ibadah umroh melalui agen travel, kita perlu berhati-hati agar tidak terkena tipu. Terdapat beberapa tips memilih travel umroh Kota Solo yang dapat Anda ikuti agar mendapat agen yang aman dan terpercaya. Apa saja tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Pastikan Travel Memiliki Izin Dan Terdaftar


Tips pertama dan paling mendasar adalah memastikan bahwa travel yang dipilih memiliki izin dan terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag). Untuk terdaftar di Kemenag, travel umroh harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Memiliki surat izin tetap usaha pariwisata.
  2. Memiliki tanda daftar perusahaan.
  3. Mempunyai NPWP atas nama perusahaan travel umroh yang bersangkutan.
  4. Memiliki surat keterangan (Suket)  domisili perusahaan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, dimana teavel tersebut membuka usahanya.
  5. Memiliki akta pendirian usaha yang dikeluarkan Menteri Kehakiman.
  6. Memiliki suket dari Departemen Agama sebagai penyelenggara haji dan umroh.
  7. Memiliki sertifikat lembaga bisnis syariah dari Dewan Syariah Nasional yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Memeriksa Alamat Kantor Travel


Setelah memastikan perizinan, kita juga harus memeriksa fisik kantor travel umroh Kota Solo yang kita pilih. Survei ini dapat kita lakukan untuk memastikan kredibilitas travel. Jika ada wujud kantornya tentu kita akan semakin percaya dengan agen travel yang dipilih.

Memperhatikan Track Record Agen Travel


Selanjutnya, untuk menentukan travel umroh yang Anda pilih dapat dipercaya atau tidak adalah dengan memeriksa track record atau rekam jejak usaha travel tersebut. Untuk melakukannya, kita dapat melihat dari lama travel tersebut berdiri hingga berapa kali mereka telah menguruskan perjalanan umroh.

Semakin lama usia travel dan semakin sering mereka menguruskan keberangkatan umroh, maka semakin membuktikan travel tersebut kredibel dalam melayani perjalanan ibadah umroh bagi pelanggannya. 

Cermati Harga, Jangan Tergiur Harga Murah Tak Masuk Akal


Jangan sampai tergiur harga yang murah dan malah tak masuk akal dari beberapa travel umroh Kota Solo, karena bisa jadi tawaran tersebut akan berujung pada penipuan. Memilih paket ibadah umroh yang murah boleh saja, asalkan harganya benar-benar mungkin dan masuk akal. 

Perjalanan ibadah umroh dengan pesawat first class dan penginapan hotel berbintang lima tentu tak akan menawarkan harga yang murah. Cermatlah memilih tawaran, perhatikan apakah harga dan fasilitas yang ditawarkan benar-benar masuk akal dan jelas perhitungannya.

Mengecek Cara Pembayaran


Satu lagi tips yang perlu Anda ingat yaitu tentang metode pembayaran. Travel agen resmi dan terpercaya pasti akan menggunakan jasa perbankan untuk sengaja jenis transaksi. Jangan pernah melakukan transaksi di luar sistem perbankan.

Satu lagi, pastikan rekening yang digunakan agen untuk bertransaksi adalah rekening perusahaan bukan rekening pribadi. Hal ini untuk menghindari penipuan yang malah akan membawa kabur uang Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih travel agen untuk ibadah umroh yang aman dan terpercaya.  Jika Anda membutuhkan informasi lain mengenai travel ibadah umroh yang kredibel dan berpengalaman khususnya di Kota Solo, Anda dapat mengunjungi alamat web https://umroh.com/paket/kota/solo. Semoga bermanfaat dan selamat beribadah!