Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Tubuh

5 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan camilan biji bunga matahari. Ternyata setelah kami riset dari berbagai sumber, biji bunga matahari memiliki segudang manfaat untuk tubuh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Menurut para ahli, biji bunga matahari memiliki manfaat yang dikenal kaya akan nutrisi dan lemak sehat. Hasi penelitian menyebutkan, bahwa satu porsi biji bunga matahari saja dapat menghasilkan 14gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Alissa Rumsey, Seorang ahli gizi menyebutkan: bahwa, Lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda yang terdapat dalam biji bunga matahari menunjukkan adanya manfaat kesehatan yang didapat untuk tubuh. Terutamanya  yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat Biji Bunga Matahari


Daftar Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Berikut ini daftar manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari biji bunga matahari seperti dilansir situs kesehatan.

1. Bantu Menurunkan kolesterol dan gula darah 


Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi misalnya, Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi biji bunga matahari, karena manfaat biji bunga matahari dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan gula darah. 

Biji bunga matahari mengandung vitamin E, magnesium, protein, asam lemak linoleat dan beberapa senyawa tanaman.

2. Mengobati penyakit jantung 


Faktor utama yang menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke adalah tekanan darah yang terlalu tinggi.

Biji bunga matahari memiliki sebuah senyawa yang bermanfaat memblokir enzim yang bisa membuat pembuluh darah mengerut. Hasil penelitian biji bunga matahari, ternyata juga dapat membantu pembuluh darah lebih rileks dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Karena dalam biji bunga matahari terdapat magnesium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Perlu kita ketahui, ternyata biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak tak jenuh dan asam linoleat (polyunsaturated fatty acid, PUFA) untuk membuat senyawa seperti hormon yang dapat merileks kan pembuluh darah, dan meningkatkan tekanan darah. Asam lemak ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol.

3. Antioksidan 


Vitamin E dan selenium sangat tinggi pada biji bunga matahari yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Biji bunga matahari merupakan sumber yang baik untuk senyawa tanaman bermanfaat, termasuk asam fenolik dan flavonoid yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

4. Mengurangi peradangan 


Peradangan jangka pendek merupakan respons imun alami yang terjadi pada tubuh, namun jika terjadi peradangan kronis merupakan faktor bahaya bagi untuk menyebabkan penyakit kronis. 

Sebagai contoh, peningkatan kadar protein penanda inflamasi C-reaktif dalam darah dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe-2. 

Hasil riset yang dipublikasikan NCBI, Setelah dilakukan penelitian terhadap 6 ribu lebih orang dewasa, bahwa orang yang mengkonsumsi biji bunga matahari setidaknya 5x (lima kali) dalam seminggu mendapatkan manfaat kadar protein C-reaktif 32% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan.

5. Mengurangi diabetes 


Manfaat biji bunga matahari saat dikonsumsi memiliki efek yang dapat mengurangi gula darah serta diabetes tipe-2 yang telah lulus uji dalam beberapa penelitian.

Salah satu studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi biji bunga matahari dengan takaran 30 gram (1 ons) setiap hari dapat mengurangi gula darah sekitar 10% dalam 6 bulan.

Adanya kandungan asal klorogenat pada biji bunga mataharilah yang memeberikan efek turunnya gula darah dalam tubuh. Dapatkan banyak manfaat biji bunga matahari.
Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Tubuh"

Berlangganan via Email