Basic SEO: Panduan Dasar SEO Untuk Pemula yang Wajib di Terapkan

Basic SEO memberikan panduan lanhkah-langkah dasar dalam menerapkan SEO.
Basic SEO: Panduan untuk Pemula dalam Menerapkan SEO

Basic SEO menjadi bekal penting buat blogger pemula. Jika kalian baru mulai terjun dunia blogging, kalian wajib belajar strategi-strategi dasar yang harus diterapkan pada blog.

Disini saya akan membedah semua strategi yang sering saya gunakan dalam menerapkan SEO (Basic SEO). 

Artikel ini khusus saya tujukan untuk blogger pemula ya, tapi boleh juga kok kalau ada pemain lama yang ikutan nimbrung. Siapa tau ada strategi dasar SEO yang kurang tepat dan salah dalam penerapan.

Pengertian SEO


SEO merupakan singkatan dari search engine optimization yang artinya pengoptimalan mesin telusur.  Jika pengertian tersebut masih belum dimengerti, langsung saja ke inti. Intinya adalah, jika artikel yang dibuat menerapkan Basic SEO, kemungkinan bisa muncul di halaman pencarian Google itu ada, dibanding tanpa menerapkan strategi SEO sama sekali.

Panduan Basic SEO untuk pemula yang wajib diterapkan pada blog

Seberapa penting penerapan SEO pada artikel?

Sangat penting! Jika kalian ingin mendapatkan banyak pengunjung dari Google, cara alternatif selain melakukan share ataupun promosi adalah dengan menerapkan strategi SEO pada artikel.

Karena, jika kita menerapkan teknik SEO akan mempermudah user untuk menemukan artikel kita di pencarian situs.

Panduan untuk Pemula dalam Menerapkan SEO


Perlu dicatat! Pembahasan ini  dibuat berdasarkan teknik sederhana (Basic SEO) yang selama ini saya praktekan sendiri ya. 

Jika materinya kurang sesuai dengan teknik yang kalian temukan diluaran sana, harap maklum. Karena setiap orang memiliki teknik tersendiri. Namun, disini saya akan lebih identik membedah garis besar yang umum digunakan para pakar SEO.

Yuk kita mulai belajar basic seo bersama.. Enjoy!

1. Best Template


template blog terbaik 2020, 2021, 2022, 2023

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan template blog terbaik. Terbaik ini memiliki arti: tema yang sudah support fitur responsive, seo friendly, dan fast loading.

Kenapa pemilihan tema saya buat poin pertama? Karena, biasanya blogger pemula lebih sering gonti-ganti template dibanding memikirkan konten blog. Dan itu dulu, saya juga pernah mengalami fase tersebut.

Ok, lanjut bahas template blog ya..  

Kalian dapat menemukan template blog terbaik di:

1. Sugeng.id
2. Arlinadzgn.com
3. Kompiajaib.com
4. Jagodesain.com
5. Igniel.com

Dari kelima pilihan yang telah saya sebutkan diatas, rata-rata template blog yang mereka buat sudah mendukung banyak fitur seperti responsive, seo friendly dan fast loading.

PENJELASAN!

Responsive: Tampilan situs dapat menyesuaikan untuk semua device (komputer, laptop, smartphone, tablet)

- SEO Friendly: Template yang sudah memenuhi ketentuan mesin pencari, salah satu ciri template blog yang sudah support seo friendly itu memiliki struktur baik dan rapi.

- Fast Loading: Ringan saat di akses user. Hindari penggunaan template yang berat atau lemot. User tidak akan betah jika akses web yang mereka akses lambat.

2. Domain TLD


Ekstensi Domain TLD paling bagus

Minimal kalau ingin bersaing di pencarian Google, paling tidak kita harus menggunakan domain TLD (top level domain) International seperti .com, .net, dan .org.

Tujuan menggunakan Domain TLD agar lebih mudah dalam optimasi. Tujuan lainnya yaitu agar bisa lebih mudah diingat user.

Itu merupakan contoh sederhana yang perlu diperhatikan sebagai dasar dalam menerapkan ilmu SEO.

Kami rekomendasikan, dalam memilih nama domain usahakan sesuai kebutuhan dan tujuan, contohnya :

A. Personal Blog


Jika kebutuhannya hanya untuk media curahan hati ataupun diary, pemilihan / penggunaan nama pribadi sebagai nama domain adalah hal umum yang sering kita jumpai di Internet. 

Nama Anda akan lebih banyak dikenal orang, itu adalah salah satu keuntungan menggunakan nama pribadi sebagai domain.

Contoh personal blog adalah idkholis.com

B. Branding


Jika kebutuhan dan tujuan kalian bangun blog sebagai media untuk promosi (bisnis), kami sarankan untuk memilih menggunakan nama domain yang sesuai dengan usaha / bisnis yang kalian jalankan. 

Hal tersebut bertujuan untuk ngebranding produk-produk yang kalian pasarkan via online. 

Untuk mendapatkan jangkauan Global, gunakanlah domain dengan ekstensi yang sudah saya sebutkan diatas (.com, .net, .org) 

C. Monetisasi


Monetisasi blog biasanya menggunakan nama domain rundom, bisa menggunakan nama pribadi namun juga bisa menggunakan nama domain yang mengandung brand. 

Karena penggunaan / penentuan nama domain pada blog motetisasi ini tidak menjadi fokus utama terhadap nama domain, melainkan fokus ke konten yang akan dibawakan, hingga akhirnya dapat menghasilkan uang. 

Saya sering menemukan personal blog yang dijadikan motetisasi, dan itu sah-sah saja. 

3. Platform


platform blogger menjadi primadona hingga saat ini

Tentukan platform yang menurut kalian cocok. Kalau saya pribadi lebih menyarankan platform  blogger sebagai media pertama untuk belajar ngeblog.

Selain cara penggunaannya mudah dan simpel, platform blogger juga masih eksis hingga sekarang. 

Cocok digunakan sebagai media belajar, blogger adalah media yang tepat untuk melakukan trial and error. Tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa hosting, karena penggunaan platform blogger full gratis.

Jika dirasa pengalaman ngeblog sudah mumpuni, barulah naik level buat blog yang sekiranya bisa menghasilkan. Tapi itu diluar pembahasan ya, disini saya hanya fokus pada panduan dasar yang wajib dilakukan pemula.

4. Optimasi Setelan Dasar


Optimasi Dasar SEO

Jika kalian pengguna blogger, pastikan sudah mengatur beberapa poin di setelan dasar dashboard blogger.

Bagi yang belum melakukan, silahkan ikuti panduan berikut. Pada dashboard blogger:

  • Pilih setelan → Dasar
  • Judul → Isi nama blog kalian
  • Deskripsi → Deskripsikan inti pembahasan blog kalian 
  • Pengalihan HTTPS → Ya

Selanjutnya pergi ke tab preferensi penelusuran. 

  • Tag Meta Deskripsi → Berikan rangkuman (deskripsi) topik yang kalian bahas dalam blog. Maksimum 150 karakter ya. 

Jika semua sudah di atur, jangan lupa simpan perubahan ya. Hal sepele seperti ini tidak boleh dibiarkan / diabaikan. Karena hal kecil seperti ini termasuk panduan dasar yang wajib diterapkan dalam ilmu SEO.

NOTE: Pembahasan belum tuntas!