Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Sejak Dini

Atasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Sejak Dini

Atasi Keterlambatan Bicara Pada Anak - Speech delay atau yang lebih dikenal dengan keterlambatan bicara pada anak merupakan bentuk keterlambatan dalam perkembangan atau mekanisme anak untuk mengeluarkan suara. Biasanya, keterlambatan bicara pada anak terjadi disaat masih masa awal pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang berhubungan dengan kesiapan otak dapat di akibatkan oleh kurangnya interaksi antara anak dan orang tua. 

Dalam konsidi lebih serius, keterlambatan bicara biasanya ditandai adanya gangguan pendengaran hingga gangguan mental pada anak.

Keterlambatan bicara dapat menggangu pertumbuhan dan perkembangan anak, sehinnga mengakibatkan susahnya komunikasi dan mengekspresikan keinginan kepada orang lain. Dengan kondisi seperti ini, orang tua akan kesulitan untuk memahami keinginan anaknya. Melakukan pemeriksaan sejak dini akan membantu perkembangan anak untuk bisa mengejar ketertinggalan dalam kemampuan berbicara.

Anak yang mengalami kondisi speech delay atau keterlambatan bicara akan mengalami keterlambatan juga dalam berbahasa dan berbicara pada masa tumbuh kembang anak.

Sebagai orang tua, kita harus dapat membedakan antara keterlambatan kemampuan berbahasa dan berbicara pada anak. Keterlambatan berbahasa lebih berkaitan dengan kemampuan untuk mengungkapkan isi pikiran atay menyerap informasi dari lingkungan, sedangkan untuk keterlambatan berbicara berkaitan dengan kemampuan untuk berucap, mengeluarkan suara ataupun melafalkan sebuah kata.

Membahas kemampuan berbicara setiap individu anak jelas berbeda-beda, sehingga sangat sulit untuk langsung menyamakan kemampuan seorang anak dengan anak yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan bentuk kesiapan otak setiap individu anak berbeda-beda. Tetapi, terdapat beberapa tanda yang dapat membantu mengukur perkembangan kemampuan berbicara anak. Tanda-tanda tersebut antara lain:

  • Menginjak usia satu tahun, biasanya anak sudah bisa mengucapkan kata yang menunjukkan kedua orang tuanya seperti kata ‘mama’ dan ‘papa’
  • Pada usia satu sampai dua tahun, anak dapat menunjuk ke arah orang tuanya dan merespon ketika  mendengar namanya dipanggil.
  • Pada usia dua tahun, anak dapat menunjuk benda atau mengucapkan 2-3 kata, interaksi dengan bicara dengan bentuk komunikasi sederhana.

Dapatkan Assessment Tumbuh Kembang Anak Gratis dari Dini.id


Infografis Sesi Aktivitas Playtime
Dini.id membantu para orang tua untuk menilai tumbuh kembang anak secara gratis. Anda bisa mendaftar di form yang sudah disediakan. Setelah terdaftar, Anda akan bisa melihat penilaian dari Dini.id, apakah perkembangan anak sudah mencapai tahap optimal sesuai dengan usianya sekarang.

Selain itu akan mendapatkan observasi langsung dari tim ahli. Dan orang tua akan dilibatkan langsung agar interaksi antara anak dan orang tua dapat terbangun dengan kuat.

Penilaian ini dilakukan secara periodik, karena diharapkan hasilnya bisa termonitor dan program lanjutan dapat disesuaikan terhadap perkembangan anak. Penilaian berkala akan terus berlanjut sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu anak.

Solusi Terbaik Untuk Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara


Penanganan yang dapat dilakukan para orang tua dirumah adalah sebagai berikut:

  • Ajak anak untuk sesering mungkin berbicara maupun berinteraksi sejak dini
  • Stimulasi anak bernyanyi dan bergerak
  • Stimulasi latihan otot rahang secara rutin

Lakukan cara tersebut terus menerus untuk merangsang kemampuan anak untuk berbicara.

Setiap individu anak berbeda-beda dalam mengembangkan kemampuan untuk berbicara, sehingga orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Adanya Startup Dini.id menjadi solusi bagi orang tua, karena dapat terbantu untuk menangani anak yang mengalami kesulitan bicara.

Umumnya, keterlambatan bicara yang terjadi pada anak biasanya terjadi karena kurangnya stimulasi oleh orang tua untuk berinteraksi dengan anak. Sehingga untuk mengembangkan kemampuan bicara anak, orang tua harus lebih sering bersama dengan anak untuk menstimulus anak lebih aktif berbicara. Dorongan orang tua dengan apresiasi yang positif dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk semakin mengembangkan kemampuan bicaranya.

Mas Kholis
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Posting Komentar untuk "Atasi Keterlambatan Bicara Pada Anak Sejak Dini"

Berlangganan via Email