Masalah Breadcrumb Baru Terdeteksi, Perbaiki Dengan Cara ini

Cara Perbaiki Masalah Breadcrumb Baru Terdeteksi

Pada tanggal 21 Januari 2020 kemarin, Google webmaster memberikan informasi di laman twitternya tentang perubahan schema pada Breadcrumb. 

Informasi yang saya dapat, Google webmaster memutuskan untuk lebih memfokuskan pengembangan pada satu skema tunggal, yaitu schema.org. Alasan tersebut diungkapkan karena adanya peningkatan penggunaan serta popularitas pada schema.org.

Jika kode data terstruktur breadcrumb sebelumnya menggunakan schema data-vocabulary.org, silahkan segera lakukan perbaikan sebelum tanggal 6 April 2020. Karena data-vocabulary.org markup tidak lagi memenuhi syarat untuk fitur Google rich, jika melewati tanggal ketentuan.


Tanggal 22 Januari 2020, Setelah adanya informasi yang dimuat dalam laman twitternya, Google Webmaster secara resmi broadcast pesan tersebut ke semua E-mail yang terdaftar ke Google search console.

Adapun isi pesannya seperti berikut:


Jika kita lihat pada Google search console, dan disaat kita klik Breadcrumb akan ada notifikasi peringatan jenis data-vocabulary.org schema deprecated.

Untuk mengatasi hal tersebut,  kita harus melakukan pergantian schema pada kode data terstruktur Breadcrumb di HTML.

Cara Mengatasi Breadcrumb Error


Khusus pengguna template viomagz versi 3.3, sekilas info aja ya.. Jika kita lihat Changelognya, perbaikan schema markup sudah berhasil di upgrade berbarengan dengan update versi terbaru.

Namun jika punya Anda masih versi 3.2.8 ke bawah bisa menggunakan cara yang sudah di share Mas Sugeng, Update Kode Data Terstruktur Breadcrumb Evomagz & Viomagz.

Diluar pengguna template VioMagz, Anda bisa menggunakan tutorial cara mengatasi masalah breadcrumb dari arlinadzgn pada link berikut:


Perbaiki Breadcrumb WordPress


Khusus pengguna platform wordpress yang sudah support plugin yoast ada 2 pilihan cara mudah yang bisa diterapkan. Semoga dengan cara ini dapat membantu perbaiki error pada breadcrumb.

Cara ini saya dapatkan dari Grup SEO Indonesia

mengatasi masalah breadcrumb
Gambar Burhan Abdillah - Member SEO Indonesia
Menurut versi Yugi Hasan, kode yang ada di screenshot single.php direplace dengan code yang udah disediain yoast, dan jangan lupa settingan breadcrumbs diaktifkan.

<?php
if ( function_exists('yoast_breadcrumb') ) {
  yoast_breadcrumb( '<p id="breadcrumbs">','</p>' );
}
?>

Atau yang awalnya fitur breadcrumbnya memang di matikan, bisa tetap ada kode tersebut, lalu bisa menambahkan kode breadcrumbs baru dari Yoast untuk menggantikan fitur breadcrumbs bawaan template. Menggunakan code diatas.

Jika masih ada yang kurang paham cara mengatasi masalah breadcrumb baru, bisa tanyakan langsung melalui kolom komentar.

Semoga cara ini dapat membantu memperbaiki permasalah breadcrumb di situs Anda. Selamat mencoba.