Kuliner Pati Hits: Rekomendasi Makanan yang Paling Enak dan Wajib Kalian Coba

Konten [Tampil]
daftar makanan khas pati jawa tengah

Kuliner Pati Hits -- Sebagai pemuda kelahiran asli Pati, Saya akan berbagi kepada kalian semua makanan khas daerah, yang terkenal enak di Kota Pati, Jawa tengah.

Bagi kalian yang kebetulan sedang berkendara melewati kawasan Pantura Pati Jawa Tengah, jangan segan untuk mampir dan mencoba kuliner andalan khas “Bumi Mina Tani” ini.

Beraneka macam makanan khas daerah, membuat para pendatang senang untuk explore berbagai tempat makan enak saat berkunjung ke Pati.

Selain terkenal dengan makanannya yang enak dan murah, kuliner pati juga terkenal dengan keunikan menu yang tidak dimiliki daerah lain. Kira-kira apa saja ya?

Mari kita lihat ulasan kuliner Pati hits yang kami rekomendasikan untuk Anda semua. Kami jamin, Anda akan menyukai hidangan khas daerah asal Pati ini.

 Daftar Makanan Kuliner Khas Pati Paling Enak


Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk mencoba berbagai masakan kuliner paling enak di Kota Pati. Berikut daftarnya:

1. Nasi Gandul Khas Pati 


Nasi Gandul Kuliner Khas Pati
Nasi Gandul | id.tastemade.com
Menu makanan pertama yang layak Anda coba adalah Nasi Gandul khas Pati. Nasi gandul menjadi primadona makanan khas paling enak dan banyak diminati di Kabupaten Pati.

Karena memiliki kelezatan cita rasa yang khas, dengan bumbu-bumbu rempah pilihan menjadi menu andalan warga daerah maupun luar daerah.

Ciri khas nasi gandul pati ini, dalam penyajiannya selalu menggunakan daun pisang sebagai alas piring saat makanan disajikan.

Selain itu, makanan dengan ciri khas kuah santan dengan lauk potongan daging sapi, babat, ataupun telur bacem ini sudah banyak menyebar di daerah pati. Jadi wajib Anda coba ya jika berkunjung ke Pati.

Resep Nasi Gandul Khas Pati


Berikut beberapa resep nasi gandul khas Pati Jawa Tengah dengan kualitas rasa gurih yang bisa bikin kamu ketagihan!

Bahan-bahan untuk membuat nasi gandul sangat mudah untuk disiapkan. Berikut ini adalah bahan-bahan utama yang harus ada. Jangan sampai ada yang terlewat, ya.

Bahan Nasi Gandul Khas Pati


  • 500 gram daging sapi, potong kotak
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam jawa
  • 300 ml santan cair
  • 500 ml air
  • Lada
  • Garam
  • Gula
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah Cabai merah besar
  • 1 sdm jintan
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdt keluak
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • Minyak

Bahan Pelengkap:

  • Tempe goreng
  • 1 piring nasi putih

Cara Membuat Nasi Gandul Khas Pati


  • Haluskan semua bahan bumbu halus dengan sedikit minyak menggunakan blender sampai benar-benar halus.
  • Panaskan minyak pada wajan atau panci, tumis bumbu halus, serai dan daun salam. Masak hingga bumbu matang dan wangi.
  • Tambahkan air asam jawa, aduk hingga rata. Lalu masukkan daging, aduk lagi hingga daging tercampur rata dan meresap bersama bumbu.
  • Masak hingga daging berubah warna kemudian tambahkan air dan santan.
  • Tambahkan dengan lada, garam dan gula sesuai selera.
  • Setelah daging matang dan empuk. Sajikan bersama nasi dan tempe goreng.

2. Soto Kemiri Khas Pati


Soto Kemiri Kuliner Khas Kota Pati
Soto Kemiri | indiraayudhiaaa.wordpress.com
Soto Kemiri merupakan masakan tradisional nusantara yang masuk dalam daftar kuliner pati dan sangat recommended untuk Anda coba.

Soto kemiri khas pati memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto-soto pada umumnya. Karena aroma yang dihasilkan masakan ini sangat khas dengan bumbu kemirinya.

Dalam proses pembuatan soto kemiri pun terbilang unik, yaitu bahan dasar kemiri tersebut di sangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan, agar semua bahan bisa bercampur rata.

Setelah dimasak Soto Kemiri ini tentunya sedikit berminyak, lebih gurih dan memiliki aroma yang khas.

Resep Soto Kemiri Khas Pati


Hidangan soto kemiri khas pati rasanya tidak kalah lezat dengan soto di restoran-restoran mahal. Pastinya, soto kemiri ala rumahan ini akan selalu dirindukan keluarga Anda ketika dihidangkan di meja makan.

Bahan Soto Kemiri Khas Pati


Bahan-bahan untuk membuat soto kemiri khas pati sangat mudah untuk disiapkan. Berikut ini adalah bahan-bahan utama yang harus disiapkan. Jangan sampai ada bahan yang terlewat, ya.

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 Tomat
  • 2 bungkus Touge
  • 1/2 kelapa buat di ambil santan nya

Bumbu Halus:

Selain bahan utama, ada juga bahan-bahan bumbu halus yang nantinya akan menjadi bumbu kuah soto kemiri khas pati supaya makin sedap. Berikut ini bahan-bahan bumbu halus yang harus disiapkan.

  • 4 buah kemiri (fisangrai dahulu)
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit(bakar)
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 btang sereh (geprek)
  • 2 ruas jahe (geprek)
  • 2 ruas lengkuas (geprek)
  • 2 Lembar daun jeruk dan daun salam(dimasukkan saat menumis bumbu)

Cara Membuat Soto Kemiri Khas Pati


  • Apabila semua bahan sudah tersedia dan disiapkan di dapur, maka saatnya membuat resep soto kemiri khas pati ala rumahan dengan melakukan langkah-langkah berikut.
  • Rebus ayam sampai empuk kurang lebih 30-40 mnt lalu tiriskan. Air rebusan ayam jangan dibuang ya, karena bisa kita buat sebagai kaldu sotonya nanti. 
  • Bumbui dan goreng ayam yang sudah direbus tadi, usahakan goreng dengan porsi minyak yang banyak dan panas. Agar hasil gorengan nya kering buat disuir nantinya
  • Tumis bumbu halus nya tadi lur, hingga tercium aroma harum. Setelah harum masukan ke air kaldu tadi dan tambahkan santan dari perasan kelapa tadi lur, tunggu sampai masak dan koreksi rasa.
  • Tougenya disiram air panas agar sedikit layu dan potong tipis-tipis tomatnya
  • Ambil nasi dimangkuk dan kasih touge, tomat, suiran ayam dan bawang goreng lalu siram deh pake kuah sotonya dan jangan lupa sajikan bersama kecap manis sambal dan jeruk nipis. Endes lur

3. Sego Tewel Pati


Sego tewel khas kota pati
Sego Tewel Pati | phinemo.com
Buat sebagian orang yang tidak mengerti bahasa jawa, nama sego tewel mungkin sangat asing. Orang jawa sering menyebut Tewel, yang artinya "nangka muda".

Makanan sego tewel juga termasuk makanan khas pati yang sangat digemari masyarakat daerah, karena memiliki cita rasa yang gurih dan segar dari kuah santan.

Keunikan sego tewel di pati jawa tengah ini,setiap penyajiannya akan selalu diberi alas daun jati untuk menambah keunikan serta kenikmatan rasa yang dihasilkan dari daun jati.

Rasa yang dihasilkan sego tewel ini sangat berbeda sekali dengan tewel yang biasa dihidangkan di warung padang. Masakan khas sego tewel yang sudah terkenal di daerah tambakromo ini memiliki tekstur empuk dan gurih.

Resep Sego Tewel Pati


Bagi Anda yang belum pernah mencoba kuliner ini, Anda bisa membuat sendiri dirumah dengan resep-resep rahasia yang akan kami bagikan ke Anda semua.

Bahan Seogo Tewel Khas Pati


  • Setengah buah Tewel/ Nangka Muda ukuran kecil, bersihkan, lalu potong kecil-kecil
  • Santan 1500 ml encer saja
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 20 buah cabai rawit hijau kecil, potong kasar

Bumbu Halus:

  • 9 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat Sego Tewel


  • Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
  • Masukkan cabai rawit, aduk hingga layu
  • Masukkan santan dan semua bumbu lain
  • Tunggu hingga mendidih
  • Masukkan bahan utama (tewel), masak hingga tewel/nangka muda empuk dan bumbu meresap, koreksi rasa
  • Sajikan hangat

Catatan..jika mau tambah sedep dan otentik, alasi piring dengan daun jati..namun jika tidak ada.. bisa menggunakan alternatif lain seperti daun pisang.

4. Petis Runting 


Petis-runting-menjadi-makanan-favorit-khas-pati
Petis Runting | youtube cenut cenut
Kuliner yang ini kudu dan wajib kalian coba. Kuliner petis ini sangat terkenal di Kota Pati, khususnya di Ds. Runting, wedarijaksa dan daerah sekitarnya. 

Petis ini merupakan makanan favorit yang sering saya makan bersama istri disaat pulang kampung ke Pati, Jawa tengah.

Mungkin kalian yang diluar kota banyak yang tidak tahu kuliner ini. Petis merupakan variasi masakan daging kambing yang hampir sama dengan gulai. Perbedaanya, petis kambing ini menggunakan resep bumbu yang dicampur dengan tepung beras dan rebusan daging.

Sekilas, petis ini seperti gulai, namun memiliki warna kuah sedikit gelap. Ciri khas dari petis ini, terdapat beberapa potongan bagian kambing yang menyembul di kuah, namun kebanyakan kikil atau lemak serta tulang kambing. 

Resep Petis Runting


Salah satu makanan tradisional khas Pati ialah petis runting. Makanan ini telah berkembang hingga ke beberapa desa di sekitarnya, karena memiliki rasa gurih yang dihasilkan dari rempah pilihan.

Seperti yang sudah saya singgung diawal tadi, bumbu untuk membuat petis kambing hampir sama dengan gulai, yaitu :

Bahan Petis Runting


  • Cabe
  • Merica
  • Jinten
  • Bawang merah, dan
  • Bawang putih
  • 250 gram iga kambing
  • 3 lembar daun jeruk
  • 25 gram gula merah
  • 1 liter air 
  • 2 sendok makan kecap manis

Namun ada tambahan bumbu lagi yaitu tepung beras dan gula jawa.

Pemilihan bahan kambingnya juga wajib kambing muda, sehingga rasa yang dihasilkan tidak bau prengus, atau berbau menyengat. 

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 cm kencur
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Petis Runting


  • Rebus iga kambing, hingga mendidih dan lunak.
  • Masukkan semua bumbu halus dan daun jeruk. Aduk sampai bumbu meresap.
  • Tambahkan tepung beras, kecap manis, dan gula merah. Masak sampai bumbu meresap.
  • Siap dihidangkan.

5. Kepala Manyung Pati


kuliner tradisional kepala manyung pati
Kepala Manyung | kangsuliwa.blogspot.com
Berkunjung ke Pati tidak lengkap rasanya jika belum menikmati makanan kuliner pati hits yang satu ini, yaitu kepala manyung, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ndas manyung.

Banyak pemanfaatan yang bisa digunakan untuk mengolah masakan kepala manyung, kepala ikan manyung bisa digulai, dimangut, atau diasap, menjadi makanan khas pantai utara Jawa (Pantura). 

Berada di pesisir Pantura Jawa, Kec. Juwana dikenal akan hasil lautnya yang melimpah.  Maka jangan heran, jika aneka kuliner di sini didominasi oleh ikan dan hidangan laut lainnya.

Kebanyakan olahan laut tersebut diracik dengan berbagai bumbu dan rempah, hingga menghasilkan sajian bercita rasa gurih, pedas, dan menggugah selera para pelanggan.

Sejatinya, kuliner ini merupakan semacam gulai yang memiliki cita rasa pedas. Isiannya cuma satu, kepala ikan manyung berukuran besar. Saking jumbonya, seporsi mangut kepala manyung ini bahkan bisa disantap lebih dari satu orang.

Resep Kepala Manyung Pati


Kepala manyung menjadi salah satu jenis ikan yang paling sering diolah masyarakat Pati sebagai menu masakan andalan. Resep olahan kepala manyung yang perlu dicoba adalah ndas manyung pedas manis. Berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan Kepala Manyung 


  • 3 biji kepala ikan manyung ukuran besar
  • 1000 ml santan
  • 1 papan tahu/tempe
  • Sckpnya cabai hijau dan rawit


Bumbu Halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 biji cabai rawit
  • butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas jari kunir
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam,gula,penyedap rasa

Cara Membuat Kepala Manyung


  • Cuci bersih kepala manyung
  • Cuci bersih kelapa, lalu Peras santanya. Bisa juga menggunakan santan dalam kemasan
  • Tumis bumbu halus dan cabai dan daun jeruk sampai wangi.
  • Tambahkan santan. Masukkan tahu/tempe dan kepala ikan. Masak sampai mendidih dan matang. Test rasa.
  • Sajikan.

Itulah rekomendasi dari kami beberapa daftar kuliner pati hits yang wajib kalian coba!
Mas Kholis Menerima jasa review / content placement, Hubungi kami bisnis.idkholis@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

35 Komentar untuk "Kuliner Pati Hits: Rekomendasi Makanan yang Paling Enak dan Wajib Kalian Coba "

  1. Aku belum pernah ngerasain sego tewel ini. Apakah rasanya manis seperti gudeg? Soalnya warnanya hampir sama seperti gudeg. Atau rasanya seperti lodeh tewel pada umumnya? Eh, tapi di resep itu gak pakai kemiri ya, jadi gak bisa dibilang lodeh juga ��

    Au ah.. daripada membayangkan bikin ngiler, kapan2 coba kalau berkunjung ke Pati ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sego rewel di Pati identik gurih rempah kak, beda dengan gudeg yang ada di Yogya.

      Hapus
  2. Laper mas.. hmmmmmmm..jahat kamu! Hihihi

    BalasHapus
  3. Enak-enak semua nih. Makasih ya sudah dilengkapi dengan resepnya. Pengen praktekkin biking nasi gandul

    BalasHapus
  4. Hmmm, liat gambarnya aja bikin ngiler, pasti enak banget tuh apalagi yang soto kemiri pas banget buat sekarang yang lagi musim ujan, sedap sedap anget gimana gitu, hahahha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto kemiri menu kuliner khas Pati yang paling digemari masyarakat kak. Wajib coba!

      Hapus
  5. Nasi gandul dan sego tewel, dua menu itu yang bikin aku kelaperan siang ini. Ahahahaha. Di Pati ngga ada pindang Srani ya mas? Kayak d Jepara gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga kok mas pindang srani di Pati.. cuman di Pati sendiri tidak terlalu banyak yang jualan, paling banyak ya menu² diatas itu.

      Hapus
  6. Suami saya kelahiran Pati juga, tapi dia sudah belasan tahun merantau ke Sumatera. Nah nanti kalau kami pulkam, makanan di atas jadi wish list deh buat dicoba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ndas manyung kak, dijamin ketagihan.

      Hapus
  7. Ternyata banyak ya kuliner Pati, selama ini taunya cuma nasi gandul. Saya penasaran sama soto kemiri, maklum penyuka soto. Sego tewel juga menggoda, pengen nyicipin. Kalo di Jogja nyebut nangka muda alias tewel itu "gori".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalau gori di Jogja itu manis ya mas. Kalau tewel disini gurih.

      Hapus
  8. Saya langsung pengen coba nasi gandulnya nih. Bikin lapar jadinya. Pasti nikmat nih rasanya.

    BalasHapus
  9. Saya tergiur pengen coba soto khas pati nya mas, jadi pengen coba cita rasa makanan disana seperti apa.
    Ini sekalian sama cara masak nya ya mas, jadi ada kesempatan juga pengen buat dirumah kalau lagi ada arisan atau anggota keluarga kumpul.
    Bahas kuliner tiap daerah itu memang bermacam masakan khas nya ya mas, salah satu nya ya di Pati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya enak kak.. karena daftar menu makanan diatas merupakan menu khas andalan di kota Pati, dan selalu menjadi makanan hits sampai saat ini.

      Hapus
  10. Main saya kurang jauh nich .... dari yang diatas...satupun ga ada yang dikenal... hiks...

    BalasHapus
  11. saya contek soto kemiri saja deh. soto ini makanan khas yg ada di tiap kota ya. beda banget dg bumbu soto lamongan yg sering saya santap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing daerah memiliki racikan bumbu sendiri kak, itu yang menjadi ciri khas.

      Hapus
  12. semua kuliner dari Pati ini sungguh menggoyang lidah banget ya mas apalagi Kepala Manyung ini dulu pernah ngicipin. Wajib explore semua kulinernya kalo ke Pati nih

    BalasHapus
  13. Mendadak laper akutu mas Kholis. Haha, tapi sego tewel itu beneran bikin ngences mas.. hihi

    BalasHapus
  14. Karena daerah Pati letaknya berada di pesisir pantai Utara, ternyata makanan endas manyung ini sama persis dengan makanan khas Indramayu.

    Di Indramayu sendiri makanan endas manyung disebutnya gombyang manyung.

    BalasHapus
  15. Hmm pas banget jam makan siang nih Kak bacanya jadi ngiler loh aku. Hehehe. Baru tahu juga ada petis namanya seperti itu. Pengen coba deh

    BalasHapus
  16. Nasi gandul itu dari Pati toh mas. Aku baru tahuuuuu, hahaha. Di Denpasar ada beberapa warung makan jual nasi gandul dan aku belum pernah nyoba sekali pun. Abis baca tulisan ini aku malah penasaran, kok kayaknya menunya seperti gulai rendang yaaa, tapi khas Jawa. Hehehe.

    BalasHapus
  17. Rasanya kepala ikan manyung memang jadi khas wilayah Pantura ya. Di daerah saya juga banyak kulineran macam begini. Namanya endas manyung. Top sih buat yang suka kuliner seafood.

    BalasHapus
  18. Semua sudah saya coba kecuali petis runting. Malah baru tahu. Jepara dan Pati kan cukup dekat, jadi kadang saya ke sana bermotor dengan suami. Mampir ke warung tuk makan nasi gandul atau soto kemiri.
    Kalau endas manyung, kami memberi nama pindang srani.

    BalasHapus
  19. gue jadi bingung, jadinya terkadang pengen punya istri yang suka (gak perlu jago) masak :V hahahahaha

    Hmmm semua makanan diatas pakai santan ya?

    BalasHapus
  20. Baru denger nama ikan manyung. Ini ada nama lainnya ga,Mas? Saya doyan banget mangut. Jadi pengin coba mangut ikan manyung deh..

    BalasHapus
  21. wah baru tau saya ada nasi gundul pasti makanan ini saya harus coba jika datang ke daerah Pati, Jawa Tengah

    BalasHapus
  22. pengen coba soto kemiri, kelihatan enak :9

    BalasHapus
  23. Baru coba nasi gandul. Kalau sego tewel kayak mirip sego kikil di Jombang, ada tewel yang pedas gurih. Kepala manyung, bikin ngiler :)

    BalasHapus
Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel