Penyakit Dismenore yang Menyerang Wanita

Konten [Tampil]
Penyakit Dismenore yang Menyerang Wanita

Jika Anda mendengar kata dismenore pasti Anda bertanya-tanya apakah dismenore itu. Istilah yang asing ini ternyata merupakan istilah medis untuk mendeskripsikan nyeri atau kram perut yang dirasakan ketika menstruasi. Dismenore biasa dirasakan oleh wanita sebelum menstruasi atau saat menstruasi. 

Jenis Dismenore


1. Dismenore primer

Dismenore primer merupakan rasa sakit atau kram yang dirasakan akibat kontraksi otot rahim saat Anda sedang menstruasi atau sesaat sebelum menstruasi. Pada umumnya sakit karena dismenore primer dirasakan satu hingga dua hari sebelum menstruasi. Dismenore primer tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat membaca artikel nyeri haid yang normal ifree untuk lebih jelasnya.

2. Dismenore Sekunder

Dismenore sekunder merupakan nyeri dan kram perut saat atau sebelum haid yang disebabkan oleh terdapat adanya masalah pada organ reproduksi wanita. Tanda-tanda  bila Anda mengidap dismenore sekunder adalah sakit yang dirasa lebih lama daripada sakit karena menstruasi pada biasanya.

Selain itu, sakit perut ini juga biasanya disertai dengan mual, muntah, diare, serta badan akan terasa lemas. Dismenore sekunder akan berkurang rasa sakitnya bila Anda telah melahirkan anak pertama. 

Penyebab Dismenore


1. Endometriosis

Kondisi pada wanita yang disebabkan oleh lapisan pelapis rahim yang tumbuh pada bagian lain seperti pada tuba falopi, ovarium, dan jaringan yang melapisi panggul

2. Fibroid Rahim

Fibroid rahim adalah tumor jinak yang tumbuh di bagian atas rahim atau pada jaringan otot rahim. Penekanan tumor jinak tersebut akan menimbulkan rasa sakit saat menstruasi. 

3. PID 

PID adalah Penyakit Radang Panggul yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada rahim, serviks, tuba falopi, atau ovarium dan organ reproduksi wanita lainnya. Infeksi bakteri itulah yang akan menyebabkan nyeri saat datang bulan. 

4. Stenosis serviks

Stenosis serviks atau penyempitan serviks merupakan kondisi menyempitnya serviks atau bahkan serviks menutup. Menutupnya serviks akan menghambat aliran darah menstruasi yang akna menuju ke vagian. Sumbatan darah menstruasi tersebut akan menyebabkan timbulnya tekanan yang menyebabkan sakit saat menstruasi.

5. Adenomiosis

Adenomiosis merupakan kondisi dimana jaringan yang melapisi rahim tumbuh menerobos dinding rahim. Hal ini menyebabkan menstruasi yang berat serta lebih lama. Selain itu tentunya akan menimbulkan rasa sakit pada oerut

Rasa sakit saat hadi memang hal yang normal dan dapat diatasi dengan pad hangat yang bisa Anda dapatkan di ifree Indonesia. Namun, segeralah pergi ke dokter jika sakit sudah dirasa berlebihan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Dismenore yang Menyerang Wanita"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel