Fitur Baru WhatsApp Business: Buat Toko Online di Aplikasi WhatsApp-mu Sekarang

Pengguna aplikasi WhatsApp Business dapat dengan mudah mempertunjukkan dan membagikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan dengan membuat katalog. Katalog tersebut ditampilkan di profil bisnis.
Fitur baru whatsapp business, katalog produk bisnis toko online

Katalog WhatsApp Bisnis  - Pada bulan april lalu, saya membaca sebuah berita tentang konferensi Facebook F8 yang dilaksanakan di San Jose, California, AS. Mengumumkan WhatsApp akan memiliki fitur katalog bisnis baru yang dapat kita akses di aplikasi saat melakukan percakapan. Fitur ini diharapkan terbukti bermanfaat bagi bisnis untuk memamerkan barang dan jasa mereka kepada orang-orang. Nantinya, katalog produk WhatsApp akan diintegrasikan dengan fitur katalog Manajer Bisnis Facebook yang ada.

Tidak lama setelah informasi tersebut di umumkan, fitur terbaru katalog whatsapp bisnis secara resmi diluncurkan bulan ini.

Pengguna aplikasi WhatsApp Business dapat dengan mudah mempertunjukkan dan membagikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan dengan membuat katalog. Katalog tersebut ditampilkan di profil bisnis.

Setiap produk atau layanan dalam katalog memiliki nama yang unik disertai bidang tambahan opsional termasuk harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode produk atau layanan. Pengidentifikasi ini memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pemilik bisnis dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan ke katalog yang dimiliki.

Katalog dengan informasi terkini memungkinkan pelanggan, baik pelanggan tetap ataupun yang belum menunjukkan minat, untuk menelusuri produk atau layanan dan terhubung dengan bisnis. Para pelanggan dapat memilih produk atau layanan yang diminati dan membagikannya kepada teman-teman mereka. Pelanggan juga dapat mengirim pesan kepada bisnis untuk mengajukan pertanyaan.

Biar tidak penasaran, saya akan memperlihatkan tampilan toko online dari aplikasi whatsapp business.

Tampilan katalog produk toko online whatsapp business
Katalog WhatsApp Business

Cara Pembuatan Toko Online di WhatsApp Business

Bagi Anda yang kebetulan sudah menggunakan aplikasi whatapp business, bisa langsung praktek dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

#1. Pada halaman utama whatsapp business, terdapat tombol navigasi titik tiga yang terdapat di pojok kanan. Klik dan pilih Setelan

Katalog bisnis menu navigasi whatsapp business

#2. Setelah klik tombol navigasi di bagian pojok kanan atas, akan muncul beberapa menu pengaturan,  lalu pilih Setelan bisnis

Pengaturan katalog produk

#3. Selanjutnya, pada langkah ke-tiga akan muncul setelan bisnis dengan rincian fitur Profil bisnis, Katalog, Statistik, dan Tautan pendek. Silahkan Anda pilih (klik) Katalog


#4. Sampai langkah ini, Anda sudah bisa mulai upload / posting produk Anda di WhatsApp Business dengan cara klik tombol plus (+) warna hijau yang terdapat pada bagian pojok bawah sebelah kanan.


#5. Dengan mengeklik tombol plus (+) hijau, Proses upload produk sudah bisa Anda lakukan. Silahkan tambahkan:

  • Gambar: Upload gambar produk dengan max. 10 gambar
  • Nama Produk atau layanan: Isi sesuai nama produk yang Anda jual/pasarkan
  • Harga Rp (Opsional): Anda bisa memberikan nominal harga sesuai yang diinginkan, atau bisa juga tidak diisi, sifatnya opsional.
  • Deskripsi: Berikan gambaran produk yang Anda jual dengan memberikan keterangan, agar orang yang melihat produk dapat mengerti produk yang Anda jual.
  • Tautan: Kolom tautan bisa Anda isi link website produk (jika ada), Namun jika tidak ada bisa juga diisi dengan link WhatsApp. Ex: wa.me/6281215251237 atau bisa juga tidak diisi.
  • Kode produk atau layanan: Isikan kode produk, boleh tidak diisi.

Jika sudah selesai melakukan pengisian kolom diatas, selanjutnya klik Simpan, pojok kanan atas.

Sampai sini, Anda sudah memiliki toko online sendiri di aplikasi WhatsApp Business. Jika ingin upload produk lagi, silahkan lakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Kebijakan Perdagangan WhatsApp


Setelah Anda semua mengetahui langkah-langkah untuk pembuatan toko online di WhatsApp, alangkah baiknya membaca juga kebijakan dalam perdagangan di WhatsApp.

1. Jika Anda menawarkan barang atau jasa untuk dijual, kami menganggap bahwa semua pesan dan media yang berhubungan dengan barang dan jasa Anda, termasuk semua keterangan, harga, biaya, pajak, dan/atau pemberitahuan legal apa pun yang diwajibkan, sebagai transaksi. Semua transaksi harus mematuhi kebijakan yang tercantum di bawah ini, serta ketentuan, hukum, dan peraturan perundangan yang berlaku.

2. Anda bertanggung jawab penuh atas transaksi Anda dan untuk menyediakan ketentuan penjualan, ketentuan privasi, atau ketentuan lainnya yang berlaku dalam interaksi Anda dengan pengguna.

3. WhatsApp tidak bertanggung jawab atas kegiatan memproses, membayar, atau memenuhi penjualan apa pun yang berhubungan dengan transaksi Anda.

4. Anda bertanggung jawab penuh untuk memutuskan, mengumpulkan, memotong, melaporkan, dan menyerahkan seluruh pajak, bea, biaya, dan tambahan ongkos yang berlaku pada penjualan yang berhubungan dengan transaksi Anda.

5. Contoh yang tercantum di bawah ini adalah cukup mewakili, tetapi tidak lengkap.

Dilarang melakukan penawaran untuk menjual dan melakukan penjualan atas hal-hal berikut:

Produk atau jasa ilegal

Kebijakan: Bisnis tidak boleh melakukan transaksi pengoperasian atau pertukaran produk atau jasa ilegal.

Obat-obatan, baik berupa obat dengan resep, narkotika, atau lain-lain

Kebijakan: Bisnis tidak boleh melakukan transaksi dalam penjualan obat-obatan ilegal, obat dengan resep, atau narkotika.

Contoh:  

  • ❌ Narkoba, termasuk ganja dan produk olahan ganja  
  • ❌ Perlengkapan narkoba, termasuk pipa cangklong dan pipa bong  
  • ❌ Obat-obatan yang membuat resep


Barang tembakau dan perlengkapan lainnya

Kebijakan: Bisnis tidak boleh melakukan transaksi penjualan produk tembakau atau perlengkapan tembakau.

Contoh 

  • ✔️ Pakaian yang menampilkan logo merek tembakau  
  • ❌ Rokok, cerutu, dan tembakau kunyah  
  • ❌ Pipa dan perlengkapan tembakau  
  • ❌ Mesin gulung tembakau  
  • ❌ Hokah (Hookah)  
  • ❌ Pipa bong  
  • ❌ Kertas gulung  
  • ❌ Rokok elektronik (E-cigarette) atau perangkat tembakau

Alkohol

Kebijakan: Bisnis tidak boleh melakukan transaksi penjualan alkohol.

Contoh 

  • ✔️ Buku atau DVD tentang alkohol  
  • ✔️ Barang yang berhubungan dengan alkohol, termasuk gelas, pendingin, dan tempat botol anggur  
  • ❌ Minuman beralkohol  
  • ❌ Alat untuk memproduksi alkohol

Suplemen yang tidak aman untuk dikonsumsi

Kebijakan: Bisnis tidak boleh melakukan transaksi penjualan suplemen yang tidak aman untuk dikonsumsi, sebagaimana ditentukan oleh WhatsApp dalam kebijakannya sendiri.

Contoh:  

  • ❌ Steroid anabolik  
  • ❌ Chitosan  
  • ❌ Comfrey  
  • ❌ Dehydroepiandrosterone  
  • ❌ Ephedra  
  • ❌ Hormon pertumbuhan manusia

Dan masih banyak lagi kebijakan yang harus kalian ketahui. Informasi lebih lengkapnya, silahkan klik link berikut https://www.whatsapp.com/policies/commerce-policy/