Cara Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Cara Mengatur Pola Hidup Sehat - Anda salah satu pekerja kantoran, yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk setidaknya 6-9 jam dalam satu hari. Belum lagi masuk hitungan jika Anda duduk di kendaraan saat perjalanan berangkat maupun pulang kantor. Gaya hidup seperti itu, apabila terus menerus dilakukan tanpan diimbangi dengan olahraga yang cukup, sangat berbahaya buat kesehatan.
Mengatur Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Cara Mengatur Pola Hidup Sehat  - Anda salah satu pekerja kantoran, yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk setidaknya 6-9 jam dalam satu hari. Belum lagi masuk hitungan jika Anda duduk di kendaraan saat perjalanan berangkat maupun pulang kantor. Gaya hidup seperti itu, apabila terus menerus dilakukan tanpan diimbangi dengan olahraga yang cukup, sangat berbahaya buat kesehatan.

Keterangan dokter Alvin Nursalim, Sp.PD dari Brawijaya Hospital, disaat durasi duduk Anda terlalu lama, akan terjadi perlambatan metabolisme, terjadi gangguan otot pada tulang belakang, meningkatkan kadar kolesterol, serta kegemukan. Dalam sebuah penelitian, kata dokter Alvin, membandingkan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari tiga jam sehari di depan televisi dengan orang dewasa yang aktif bergerak.

Tahukah Anda, menurut studi.. orang yang lebih senang atau berlama-lama duduk peningkatan resiko sebanyak 50% mengalami kematian dari berbagai penyebab lain. Selain itu juga, mereka akan memiliki peningkatan resiko hingga 125% untuk mengalami penyakit kardiovaskular, seperti angina atau serangan jantung.


Kebiasaan sehat meski tak sempat ke gym

Menurut Ryan Spiteri, seorang personal trainer yang berasal dari negri kangguru Australia serta pelatih kesehatan, Kebanyakan pekerja kantoran mungkin tidak punya waktu banyak, bahkan tidak ada waktu luang untuk pergi ke gym di sela waktu bekerja, namun itu tidak berarti Anda tidak bisa sehat, bahagia, dan bugar. Hanya beberapa perubahan pada rutinitas harian dan kebiasaan gaya hidup Anda dapat membuat perbedaan besar.

Seperti disarankan Ryan Spiteri, beberapa hal sederhana di bawah ini adalah cara mengatur pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat di kantor.

1. Perbanyak minum air putih

Hal paling penting jika Anda seorang pekerja kantoran jangan lupa mengkonsumsi air putih. Selain bagus buat kesehatan juga dapat membantu mendorong konsentrasi saat bekerja. Jadikan minum air putih sebagai kebiasaan ditengah padatnya jadwal kerja.

Jika bahas manfaat, tentu banyak keunggulan dari air putih. Selain nol kalori, minum air putih juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, serta menjaga agar otak, otot, dan tubuh Anda tetap terhidrasi untuk kesehatan terbaik.

2. Jangan terlalu lama duduk, bergeraklah!

Buat pekerja kantoran mungkin sangat susah menentukan jadwal untuk olahraga, biasanya belum sempat olahraga sudah malas karena capek kerja. Namun, itu bukan berarti Anda dapat duduk selama Anda mau. Terdapat cara efektif yang bisa Anda lakukan agar pola hidup sehat tetap terjaga. Anda dapat melakukan tips berikut:

  • Perbanyak aktivitas agar tidak berlama-lama duduk 
  • Sesekali bisa menggunakan tangga bukan lift
  • Berdiri dan lakukan peregangan selama 1-2 menit setiap jam agar otot tidak kaku
  • Jalan ringan saat beli makan atau saat mau ke masjid 
  • Beristirahat sejenak saat ada waktu luang atau sedang istirahat

3. Manfaatkan aplikasi smartphone untuk cek kalori

Anda dapat menggunakan aplikasi tertentu di smarphone untuk mengecek jumlah kalori. “Aplikasi seperti FatSecret dapat memudahkan Anda untuk melacak apa yang Anda makan, sekaligus menetapkan tujuan penurunan berat badan dan memonitor asupan kalori.

Satu studi terbaru menemukan, orang yang rutin melacak semua makanan yang mereka makan selama dua tahun terakhir, akan kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak. Jadi, saat Anda menyadari apa yang Anda makan, Anda cenderung membuat pilihan konsumsi makanan yang menyehatkan.

4. Terapkan kebiasaan tidur yang ideal

Berapa durasi tidur yang ideal agar kondisi kesehatan tetap prima. “Waktu tidur ideal yang bagus buat kesehatan yaitu 7 jam, Jika Anda memiliki pola tidur yang berantakan, bersiaplah dengan terjadinya gangguan kesehatan seperti kelelahan, depresi, dan kontrol impuls yang buruk, atau bahkan penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kematian dini.

Satu lagi efek samping kurang tidur dapat meningkatkan berat badan. Saat Anda kurang tidur, perubahan hormon ghrelin dan leptin terjadi, yang meningkatkan nafsu makan dan memperlambat metabolisme.

5. Buatlah pengganti makanan bergizi sehat untuk penuhi kebutuhan tubuh

Perlu diperhatikan buat Anda yang suka order makanan via online. Gaya hidup semacam ini, rentan membuat Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak, kalori, gula, dan bahan-bahan yang tidak sehat. Carilah cara makan yang lebih sehat dengan:

  • Batasi minum minuman yang banyak mengandung Gula. Perbanyak konsumsi minum air putih, daripada minuman bersoda, atau kopi dengan gula dan krim.
  • Jangan lupa imbangi makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak daripada makanan junk food
  • Makan apel sebagai ganti permen
  • Makan makanan yang mengandung sumber karbohidrat seperti oat, gandum, atau telur untuk sarapan, bukan donat atau sereal manis
  • Jika Anda minum susu, pilihlah skim atau susu tanpa lemak daripada susu murni

Nah, ternyata masih ada banyak cara untuk mengatur pola hidup sehat meski Anda adalah pekerja kantoran yang punya jadwal super padat. Anda dapat menerapkan tips lima kebiasaan sederhana di atas agar tetap sehat. Selain itu, lakukan juga kebiasaan sehat lainnya seperti menghentikan kebiasaan merokok, menghindari minuman bersoda maupun yang beralkohol, dan cek kesehatan rutin ke dokter.

Semoga tips diatas dapat membantu dan bermanfaat buat kalian semua ya, temukan artikel menarik lainnya seputar gaya hidup di https://www.infia.co