Facebook Pixel Solusi Analisis Selain Google Analytics

Facebook Pixel - Memiliki blog dengan trafik yang sangat tinggi adalah dambaan bagi semua pemilik blog. Apalagi jika trafiknya berasal dari mesin pencari, maka trafiknya akan terus stabil, berbeda jika kamu mendapat trafik dari Media Sosial. Yang bisa sewaktu-waktu hilang. Dengan trafik yang sangat tinggi maka kamu membutuhkan yang namanya Analisis untuk memantau perkembangan blog dan kenyamanan pengunjung kamu. Jika berbicara analisis blog, pasti banyak orang yang menyarankan kamu untuk menggunakan Google Analytic. Namun sebenarnya, ada banyak penyedia layanan analisis selain google analytic. Salah satunya ialah facebook pixel.
facebook-pixel-solusi-analisis-selain-google-analytics

Facebook Pixel - Memiliki blog dengan trafik yang sangat tinggi adalah dambaan bagi semua pemilik blog. Apalagi jika trafiknya berasal dari mesin pencari, maka trafiknya akan terus stabil, berbeda jika kamu mendapat trafik dari Media Sosial. Yang bisa sewaktu-waktu hilang.

Dengan trafik yang sangat tinggi maka kamu membutuhkan yang namanya Analisis untuk memantau perkembangan blog dan kenyamanan pengunjung kamu. Jika berbicara analisis blog, pasti banyak orang yang menyarankan kamu untuk menggunakan Google Analytic.

Namun sebenarnya, ada banyak penyedia layanan analisis selain google analytic. Salah satunya ialah facebook pixel.

Apa Itu Facebook Pixel?


Facebook pixel adalah snippet kode JavaScript yang memungkinkan kamu untuk melacak aktivitas pengunjung pada situs web. Piksel ini bekerja dengan memuat serangkaian kecil fungsi yang dapat kamu gunakan setiap kali pengunjung situs mengambil tindakan (disebut peristiwa) yang ingin kamu lacak (disebut konversi). 

Konversi yang dilacak muncul di Pengelola Iklan Facebook dan di dashboard Facebook Analytics, yang dapat kamu gunakan untuk mengukur efektivitas iklan kamu, untuk menentukan pemirsa khusus untuk penargetan iklan, untuk kampanye iklan dinamis, dan untuk menganalisis efektivitas corong konversi situs web kamu. 

Cara Membuat Facebook Pixel


1. Buka website facebook pixel
2. Lalu, klik Mulai.

facebook-pixel-solusi-analisis-selain-google-analytics

3. Setelah itu, kamu akan disuruh untuk mengisi tentang nama pixel dan alamat blog kamu, lalu klik Buat.

facebook-piksel-solusi-analisis-selain-google-analytics

Mendapatkan Kode Facebook Pixel


1. Pilih Manually Install Pixel Code Yourself

facebook-piksel-solusi-analisis-selain-google-analytics

2. Kemudian, akan muncul kotak baru. Lalu, gulir ke bawah, setelah itu Copy kode facebook pixel

facebook-piksel-solusi-analisis-selain-google-analytics

3. Klik Lanjutkan

Memasang Kode Facebook Piksel di Blog


1. Buka dashboard Blogger kamu
2. Pilih menu Tema > kemudian masuk ke Edit HTML
3. Parse dulu kode facebook pixel sebelum dipasang, karena jika tidak, akan menyebabkan error
4. Lalu, tempelkan kode facebook pixel yang sudah kamu parse tadi, di antara tag <head> dan </head>

facebook-piksel-solusi-analisis-selain-google-analytics

Jika kamu sudah selesai memasangnya, tunggu hingga data terbaca dan Kunjungi Facebook Analytics untuk melihat data pengunjung blog kamu. Semoga bermanfaat.

Sekian dan Terima Kasih telah membaca artikel saya tentang Facebook Pixel Solusi Analisis Selain Google Analytics. Sampai Jumpa!