Haid Tidak Lancar, Ini penyebabnya!

haid-tidak-lancar-ini-penyebabnya

Haid Tidak Lancar - Bagi seorang wanita setiap bulannya memiliki siklus haid yang merupakan hal alamiah terjadi pada setiap wanita normal, namun kenyataannya ada saja gangguan yang dialami saat haid, seperti tidak lancar, kram di perut, dan sebagainya. Penyebab Gangguan Menstruasi ini bisa disebabkan oelh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Jika mengalami gangguan haid setiap bulan, maka perlu ditangani dengan cepat atau melakukan pengobatan ke dokter supaya siklus alamiah tersebut tidak sering terjadi apalagi jika saat haid terasa nyeri ataupun tidak normal. Berikut ini ada beberapa hal saat menstruasi atau haid tidak lancar, yaitu sebagai berikut:

- Stress, ketika pikiran Anda sednag terganggu atau stress, maka dapat memicu perubahan hormonal pada seorang wanita, hal yang perlu Anda lakukan ketika mengalami stress disarankan untuk berolahraga, relaksasi, atau mengubah gaya hidup supaya haid Anda lancar setiap bulannya.

- Obesitas, berat badan menjadi bertambah dan melebihi berat badan ideal juga dapat memicu haid tidak lancar. Indeks masa subur wanita dengan indeks masa tubuhnya adalah 25 hingga 30 atau juga lebih dari 30 bisa memiliki risiko yang cukup tinggi haid tidak lancar. Seperti halnya stress, Anda pun disarankan untuk berilahraga dan menjalankan program diet.

- Berat badan menurun, selan obeitas yang dapat mempengaruhi haid tidak lancar, ternyata berat badan kurang dari normal pun bisa memicu haid menjadi tidak lancar. Biasanya perempuan memiliki gangguan makan atau makan kurang berselera karena beberapa hal seperti diet ketat, yang mengakibatkan tubuh berat badannya kurang 10 persen dari berat badan normal. Hal ini dapat menganggu sistem metabolisme tubuh termasuk haid tidak lancar.

- Penggunaan alat kontrasepsi, menggunakan pil KB atau pencegah kehamilan dapat mengandung hormon estrogen dan juga progestin yang bisa mencegah indung terlur melepaskan sel telurnya. Dbutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 6 bulan utnuk kembali haid normal.

Selain faktor-faktor yang disebutkan diatas, ada juga penyebab lainnya seperti penyakit kronis, sindrom ovarium polikistik, hormon prilaktin berlebih, masalah tiroid, manopause, merokok, dan lainnya. Untuk informasi seputar haid tidak lancar bisa Anda baca di https://www.guesehat.com/haid-tidak-lancar-mungkin-6-hal-ini-penyebabnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Haid Tidak Lancar, Ini penyebabnya!"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel