PageSpeed Insights Update: Memberikan Dampak Buruk Terhadap Kecepatan Website Anda?

Pagespeed-insights-update

PageSpeed Insights Update - Pada November 12, 2018 at 9:20 am, Saya mendapat informasi dari artikel Search Engine Land yang di share oleh seorang yang bekerja di perusahaan konsultan web berbasis NY, yaitu Barry Schwartz. Ia berbagi informasi tersebut melalui akun twitter resminya bahwa Google telah meluncurkan alat PageSpeed Insights yang baru.


Sejak PageSpeed Insights Update, hasil analisis menunjukkan bahwa banyak website yang memiliki kecepatan seluler Lambat dibandingkan halaman lain dalam laporan pengalaman pengguna Chrome.

Saat ini skor kecepatan didasarkan pada data lab yang dianalisis oleh Lighthouse. Lighthouse merupakan alat (bantu) sumber terbuka otomatis untuk meningkatkan kualitas aplikasi web Anda. Untuk selengkapnya, Anda bisa membacanya di SINI.

Tentang PageSpeed Insights


Dilansir dari Developers Google, PageSpeed ​​Insights melaporkan performance nyata halaman untuk perangkat seluler dan desktop serta memberikan saran tentang cara meningkatkan performance halaman tersebut.

Skor Kecepatan

PageSpeed Insights menggabungkan data dari CrUX atau yang biasa dimaksud laporan pengalaman pengguna Chrome untuk menampilkan data performa nyata tentang halaman. PageSpeed Insights melaporkan 2 metrik: First Contentful Paint (FCP) & DOMContentLoaded (DCL).

Nilai median untuk setiap metrik (FCP atau DCL) dibandingkan dengan semua halaman yang dipantau oleh laporan CrUX. Setiap metrik diberi kategori, bergantung pada nilainya dalam distribusi:


  • Cepat: Nilai median metrik berada pada sepertiga tercepat dari semua pemuatan halaman.
  • Lambat: Nilai median metrik berada pada sepertiga terlambat dari semua pemuatan halaman.
  • Rata-rata: Nilai median dari metrik berada pada sepertiga menengah dari semua pemuatan halaman.


Keseluruhan score kecepatan dihitung dengan melihat kategori untuk setiap metrik:


  • Cepat: Jika setiap metrik halaman adalah Cepat.
  • Lambat: Jika setiap metrik halaman adalah Lambat.
  • Rata-rata: Semua kasus lain.


Langsung saja, buat kalian yang belum sempat cek tampilan baru dari PageSpeed Insights bisa lihat pada gambar dibawah ini:

Pagespeed-insights-update

Jika kita lihat gambar diatas, sebenarnya tidak beda jauh dengan tampilan yang sebelumnya. Namun, setelah adanya update terdapat tools baru guna memecah laporan menjadi beberapa kategori, diantaranya:

Data Kolom: Ini menggunakan laporan pengalaman pengguna Chrome dan menunjukkan Anda First Contentful Paint (FCP) dan the First Input Delay (FID)

Data Lab: Lighthouse analisis halaman saat ini pada mobile ditiru dan plot metrik dari tool tersebut termasuk First Contentful Paint, Indeks Kecepatan, Waktu untuk Interaktif, First Meaningful Paint, CPU pertama tidak ada aktivitas, Perkiraan latensi masukan dan kemudian menunjukkan screen shot hasil data lab.

Peluang: Menunjukkan kepada Anda cara untuk meningkatkan kinerja halaman tertentu termasuk daerah yang ada masalah pada halaman website.

Diagnostik: Ini memberi Anda sebuah laporan pada kinerja aplikasi Anda untuk hal-hal seperti caching, ukuran DOM, muatan, JavaScript, dan banyak lagi.

Lulus Audit: Kemudian laporan menunjukkan Anda seberapa baik Anda lakukan pada berbagai audit, termasuk mengecilkan JavaScript, CSS, pengalihan, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Kecepatan PageSpeed Insights 


Dengan adanya pembaruan PSI, saat ini banyak banget situs yang memiliki skala angka 0-49. Pada skala tersebut menunjukkan lambatnya website saat di akses via seluler. Adapun skala PageSpeed Insights terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. 90-100 (cepat) 
  2. 50-89 (rata-rata)
  3. 0-49 (lambat)


Dari ketiga skala tersebut, diposisi manakah status website Anda? Apakah masih menempati posisi rata-rata atau justru memiliki performa lambat?

Jika Anda memiliki masalah mengenai hal tersebut, segera lakukan perbaikan dan optimasi ulang, agar performa website tidak anjlok di search engine Google.

Cara mengetahui masalah bisa kita lihat dari hasil presentasi setelah melakukan analisis alamat blog. Klik semua informasi yang menunjukkan tanda seru orange maupun merah.

Tapi, jika Anda menginginkan cara yang lebih simpel, mudah, dan gak mau ribet, Saya merekomendasikan untuk menggunakan Jasa mempercepat blog yang banyak beredar di Internet.

Terakhir, Mungkin teman-teman bisa sharing melalui kolom komentar saat PageSpeed Insights melakukan update. Apakah dari kalian juga merasakan dampak buruk terhadap kecepatan website? Tulis komentar kalian dibawah, kita diskusikan bersama. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "PageSpeed Insights Update: Memberikan Dampak Buruk Terhadap Kecepatan Website Anda?"

  1. Awalnya untuk mobile foto below-the-fold diabaikan, sekarang sudah jadi pertimbangan sama google. Akhirnya score web gue untuk mobile terjun bebas.. wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skala angkanya dapat berapa mas fadilah? Kalau memang performanya terlalu lambat mending segera dilakukan optimasi.

      Hapus
  2. Saya dari 99 jadi 65 skorny, ini gimana mengatasinya: "Muat Permintaan Utama Terlebih Dahulu."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan optimasi pada hasil analisis blog.
      Hasil analisis akan menunjukan semua data yang perlu diperbaiki.
      Ikuti langkah sesuai cara yang sudah di tentukan Google.

      Namun, jika Anda ingin melakukan dengan cara pintas, silahkan pakai jasa optimasi theme.

      Cari dengan keyword "jasa mempercepat blog", di halaman pertama akan ada blog yang merekomendasikan jasa yang tepat untuk Anda.

      Semoga bermanfaat.
      Salam

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir 🙏🏻🙏🏻

      Hapus

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel