Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Penyebab-sakit-kepala-sebelah-kanan

Sebagian besar dari kita mungkin pernah merasakan  yang namanya sakit kepala atau yang biasa sering kita sebut pusing. Tidak dipungkiri bahwa sakit kepala ini sangat mengganggu aktivitas kita. Kepala kita seketika terasa berat dan nyeri sekali tidak tertahankan sehingga kita harus berhenti dari aktivitas kita.

Terkadang sakit kepala ini kita rasakan hanya di bagian tertentu saja. Sakit kepala ini bisa saja muncul di bagian depan, belakang atau kakan dan kiri kela mereka. Nah perbedaan kemunculan rasa sakit kepala ini dapat membedakan apa yang menjadi penyebab dari sakit kepala yang kita rasakan.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan


Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa diantaranya :

1. Migrain Kronis

Migrain ini adalah merupakan salah satu penyebab sakit kepala sebelah yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang melebar dengan tiba – tiba  yang disebabkan oleh kondisi tertentu, misalnya pada saat udara panas. Selain udara yang panas, pelebaran pembuluh darah secara tiba – tiba ini juga dapat disebakan oleh perubahan hormon, stress, kurang tidur, pemakian obat – obatan tertentu, dan juga terlalu banyak konsumsi MSG dan sakarin (pemanis buatan).

2. Sakit kepala kluster

Sakit kepala kluster ditandai dengan rasa nyeri yang tajam di kepala, dan tidak jarang sampai terasa menusuk hingga ke belakang mata. Tanda – tanda tersebut dapat terjadi beberpa kali dalam 1 hari. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya pelepasan histamin dan serotonin secara tiba – tiba.
Hal – hal yang dapat memicu sakit kepala kuster antara lain mengkonsumsi alkohol, merokok, aktivitas fisik yang berat dan berlebihan, penggunaan obat – obat tertentu dan penggunaan kokain. Sakit kepala kluster ini pada umunya bersifat keturunan atau genetik bawaan dari orang tua atau generasi sebelumnya.

3. Tension Type Headache (TTH)

Sakit kepala ini biasanya dialami oleh pelajar dan orang – orang yang berusia dewasa muda. Sakit kepala ini terjadi karena adanya tekanan dari stressor sehingga menyebabkan munculnya kondisi stress dalam diri orang tersebut. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa sakit kepala ini berhubungan dengan kondisi psikis orang tersebut. Dan sakit kepala ini dapat hilang seiring berkurangnya tekanan dari stessor dan istirahat yang cukup.

4. Peradangan rongga hidung

Dalam istilah medis disebut dengan kata sinusitis. Disebabkan oleh adanya penumpukan lendir di dalam rongga hidung yang menyebabkan terjadinya peradangan. Jika anda merasakan sakit kepala hanya di sebelah kanan bagian kepala anda, ada kemungkinan bahwa penumpukan lendir terjadi di rongga hidung sebelah kanan. Dan akan terasa lebih berat dan nyeri jika anda berada dalam posisi tubuh membungkuk.

Demikian pembahasan kita hari ini tentang penyebab sakit kepala sebelah kanan. Sebenarnya masih banyak lagi hal – hal lain yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan. Jika ada kesempatan, nanti kita akan bahas lagi dalam pembahasan di waktu selanjutnya. Hal yang perlu diingat adalah bahwa jika anda merasakan sakit kepala sebelah kanan ini terus menerus dan lebih dari 24 jam segera periksakan diri anda ke dokter kalau perlu dokter spesialis saraf agar tidak terjadi hal -  hal yang tidak diinginkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel