Kebiasaan Buruk Membuat Kekebalan Tubuh Menurun

Kebiasaan-buruk-membuat-kekebalan-tubuh-menurun

Idkholis.com - Halo, salam sehat. Pada kesempatan yang indah ini kita akan membahas sistem kekebalan tubuh. Pernahkan anda merasa sangat lemah dan mudah terkena penyakit? Jika pernah hal itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Kekebalan tubuh menurun ini dapat disebabkan dari banyak hal. Terkadang kebiasaan - kebiasaan kita dalam hidup juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun lho. Kebiasaan - kebiasaan itu secara tidak sadar lama - kelamaan menjadikan sistem kekebalan tubuh menurun.

Lantas kebiasaan - kebiasaan apa sajakah yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun? Mari cari tau dalam artikel ini. Stay tune ya.

Kebiasaan Buruk Yang Membuat Kekebalan Tubuh Menurun


1. Begadang

Kebiasaan begadang otomatis memangkas waktu tidur kita. Dengan waktu istrirahat yang berkurang, maka fungsi sistem kekebalan tubuh akan terganggu. Hal ini juga mengakibatkan berkurangnya jumlah sel - sel yang berfungsi melawan kuman. Penelitan yang dilakukan oleh University Of Chicago menemui kesimpulan bahwa orang yang hanya tidur selama 4 jam hanya dapat menghasilkan antibodi di dalam darah sekitar 50 % saja.

2. Kurang Olahraga

Apakah anda orang yang selalu menggunakan kendaraan kemanapun anda pergi? Jika ya sebaiknya kurangi kebiasaan itu. Usahakan anda pergi beraktivitas dengan berjalan kaki saja. Hal itu secara tidak langsung merupakan sebuah bentuk kegiatan olahraga yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh anda.  Dengan berjalan atau olahraga selama 30 menit, dapat mengembalikan kelancaran sirkulasi sel - sel darah putih. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh akan terjaga.

3. Sering Meminjam Barang Orang Lain

Sebaiknya kurangilah kebiasaan sering meminjam barang orang lain. Hal itu dikarenakan dengan meninjam barang orang lain anda bisa saja terkena kuman - kuman yang terdapat dalam barang yang anda pinjam itu. Kuman - kuman itu akan menyebabkan anda terkena flu atau penyakit menular yang meningkatkan resiko penurunan kekebalan tubuh.

4. Merokok

Kebiasaan merokok memang memberikan dampak buruk bagi tubuh kita. Tak terkecuali bagi sistem kekebalan tubuh kita. Maka dari itu sebaiknya kurangi kebiasaan merokok. Atau kalau bisa hilangkan sama sekali kebiasaan merokok supaya anda terhindar dari resiko kekebalan tubuh yang menurun.

Nah demikianlah informasi mengenai kebiasaan buruk yang membuat kekebalan tubuh menurun. Mari kita jaga kesehatan kita karena kesehatan adalah harta yang berharga bagi manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebiasaan Buruk Membuat Kekebalan Tubuh Menurun"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel