Cara Menyembuhkan Bronkitis dengan Alami

Bronkitis merupakan salah satu penyakit pernapasan yang sering kita jumpai. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada laipsan dan diniding bronkus yang menjadi saluran pernapasan utama pada paru - paru. Radang juga dapat terjadi karena adanya sumbatan yang terjadi akibat saluran bronkus yang mehasilakn terlalu banyak lendir atau dahak sehingga menghambat aliran keluar masuknya udara dalam paru - paru.
Gambar-cara-menyembuhkan-bronkitis

Cara Menyembuhkan Bronkitis - Bronkitis merupakan salah satu penyakit pernapasan  yang sering kita jumpai. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada laipsan dan diniding bronkus yang menjadi saluran pernapasan utama pada paru - paru. Radang juga dapat terjadi karena adanya sumbatan yang terjadi akibat saluran bronkus yang mehasilakn terlalu banyak lendir atau dahak sehingga menghambat aliran keluar masuknya udara dalam paru - paru.

Gejala yang timbul jika anda terkena penyakit ini antara lain :

1. Batuk Produktif
Yang dimaksud batuk produktif adalah batuk yang mengeluarkan mukus atau dahak yang berlebihan.
2. Rasa ketidaknyaman pada bagian rongga dada, seperti ada sesuatu yang mengganjal dan menghambat pernapasan.
3. Mudah Merasa Lelah.
4. Mengalami demam ringan

Sementara pada bronkitis yang sudah bersifat akut dapat timbul gejala khas seperti batuk kering dalam tahap awal, dahak berwarna kekuningan atau kehijauan, batuk yang disertai mengi (suara yang ditimbulkan ketika aliran  udara melalui saluran napas yang menyempit) setelahnya. Dan pada penderita bronkitis yang sudah bersifat kronis juga akan muncul gejala khas yaitu frekuensi batuk yang lebih sering disertai dengan jumlah produksi dahak yang lebih banyak pula. Selain itu juga penderita bronkitis kronis akan mengalami kesulitan bernapas, dan juga batuk yang berlangsung selama 3 bulan atau bahkan lebih.

Cara Menyembuhkan Bronkitis :


1. Minum air putih yang banyak


Usahakan minum 6 - 8 gelas air putih perhari. Dengan banyaknya cairan yang masuk, dapat membantu mengencerkan dahak. Dahak yang encer dapat memudahkan  proses pengeluaran  pada saat batuk.

2. Atur aktivitas


Meskipun anda terkana penyakit bronkitis, namun anda masih tetap bisa melakukan rutinitas anda seperti biasanya. Namun ingat jangan berlebihan dan jangan kecapekan. Karena anda akan merasa mudah lelah jika anda mengalami penyakit bronkitis ini. Istirahatlah sejenak jika anda merasa lelah.

3. Stop merokok


Jika anda seorang perokok maka jangan tunda - tunda lagi untuk menghentikan kebiasaan merokok anda. Merokok memberikan efek yang tidak baik bagi paru - paru. Merokok dapat menyebabkan emfisema berubah menjadi bronkitis kronis dengan lebih cepat.

4. Lakukan latihan aerobik


Lakukanlah latihan aerobik ringan misalnya jogging selama 15 menit setiap hari. Dengan latihan tersebut dapat membantu melatih otot pernapasan anda.

5. Atur pola makan


Mengatur pola makan juga perlu diperhatikan dalam penyembuhan penyakit bronkitis ini. Coba ubah pola makan anda yang biasanya 3x sehari menjadi 5 - 6 kali sehari namun dengan porsi yang kecil. Dengan begitu perut anda akan terhindar dari kekenyangan yang dapat berakibat mengganggu pernapasan.

6. Kolaborasi dengan ahli medis


Meskipun banyak hal yang dapat kita lakukan sendiri  untuk menyembuhkan bronkitis ini, namun peran ahli medis dalam hal ini dokter spesialis penyakit dalam juga penting. Segera periksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam, beliau akan membantu anda menyembuhkan penyakit bronkitis anda dengan obat - obatan dan prosedur medis lainnya.

Nah sekian dulu pembahasan kita kali ini mengenai cara menyembuhkan bronkitis. Sayangilah paru - paru anda karena paru - paru adalah merupakan organ yang berperan sangat vital dalam kehidupan kita. Sampai ketemu lagi di artikel - artikel selanjutnya.