On-Page SEO: Pengertian Serta Cara Menerapkan Agar Halaman Website Teroptimasi Dengan Baik

on_page_seo: Pengertian Serta Cara Menerapkan Agar Halaman Website Teroptimasi Dengan Baik

On-Page SEO - Bila kita memiliki sebuah situs entah itu dari blogspot maupun wordpress, tugas yang perlu kita lakukan adalah melakukan optimasi pada situs tersebut. Dengan melakukan cara tersebut, diharapkan agar halaman website dapat teroptimasi dengan baik. 

Untuk melakukan proses optimasi sebuah website terdapat 2 (dua) istilah dalam ilmu SEO (search engine optimization), yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. Namun untuk pembahasan ini saya akan fokus ke dalam On-Page SEO dahulu.

Pengertian On-Page SEO


On-Page SEO merupakan optimasi yang dilakukan dari dalam website yang mana hasilnya dapat dilihat oleh pengunjung itu sendiri. 

Apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan proses optimasi halaman website. Tentunya, banyak faktor terpenting yang harus kita optimasi, diantaranya :

1. Template
2. URL Blog
3. Tag Judul
4. Heading Tag (heading, subheading, minor heading)
5. Image Properties (Alt image)
6. Meta Description
7. Outbound link
8. Internal Link
9. PageSpeed Website

Faktor Terpenting Dalam Optimasi On-Page SEO Serta Cara Penerapannya


Sembilan faktor diatas merupakan poin terpenting saat akan melakukan optimasi halaman website. Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut terkait 9 poin diatas serta cara penerapan nya pada sebuah website.

1. Pilih Template SEO Friendly

Template merupakan poin utama terpenting saat membangun sebuah website. Pilihlah template yang  tepat dan sudah mendukung banyak fitur, seperti fitur responsive, fash loading, serta sudah SEO friendly.

Jika Anda salah menerapkan atau salah dalam pemilihan template, kedepannya akan berdampak buruk pada website itu sendiri, entah itu sulit mendapatkan visitor atau justru malah sama sekali tidak bisa mendatangkan visitor. Itulah poin penting yang perlu diperhatikan.

2. URL Blog Harus Baik 

Google telah menyatakan bahwa 3-5 kata pertama di URL diberi bobot lebih besar. Dan studi faktor peringkat kami menemukan bahwa URL pendek mungkin memiliki kelebihan dalam hasil pencarian.

Jadi kami sarankan membuat URL Anda singkat dan sesuai keyword yang di bidik. Dan selalu sertakan kata kunci target Anda di URL.

Dengan kata lain:

Hindari URL jelek: idkholis.com//2018/05/p=123.html
Atau URL panjang: https://www.idkholis.com/2018/05/on-page-seo-pengertian-serta-cara-menerapkan-agar-halaman-website-teroptimasi-dengan-baik.html

Contoh URL Blog yang baik buat On-Page SEO : 

- https://www.idkholis.com/2018/05/on-page-seo.html

Lihatlah pada permalink di atas. Link tersebut hanyalah fokus ke dalam kata kunci yang ia bidik "On-Page SEO".

 3. Tag Judul, Mulai dengan Keyword 

Mulailah judul dengan kata kunci (keyword), contoh pada artikel ini, kami memasukkan On-Page SEO sebagai judul utama. Karena, tag judul adalah faktor SEO di halaman yang paling penting.

Pada hasil pencarian search engine, tag judul yang di tampilkan maksimal adalah 64 karakter. Jika jumlah karakter judul lebih dari itu, maka yang akan muncul di pencarian akan berbentuk (...).

Sehingga cara terbaik untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan membuat title dengan total karakter antara 32 sampai 64 karakter. Lebih dari itu, tidak di rekomendasikan.

4. Heading Tag (heading, subheading, minor heading)

Mesin pencari akan crawl halaman website / blog secara keseluruhan. Dengan adanya hal tersebut, Anda harus memperhatikan serta harus menempatkan Heading tag ini ke dalam artikel, mulai dari H1,H2,H3.

Nah, pada umumnya, H1 itu sudah secara otomatis membaca title sebagai tag H1. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyertakan kata kunci target Anda dalam setidaknya sekali subpos ... dan membungkusnya dalam tag H2 & H3.

5. Image Properties (Alt image) - Pengoptimalan Gambar 

Pengoptimalan gambar juga sangat penting kita lakukan. Pastikan setidaknya satu nama file gambar termasuk kata kunci target Anda (misalnya, on_page_SEO) dan kata kunci target Anda adalah bagian dari gambar Anda Alt Text.


6. Meta Description

Meta description merupakan ringkasan dari artikel yang Anda bahas. Dengan menambahkan deskripsi singkat didalam artikel, tentunya dapat memberikan kesempatan bagi pemilik blog untuk mengenalkan konten kepada user dan memungkinkan mereka untuk mengetahui halaman tersebut berisi informasi yang sedang mereka cari.

Saat memberikan meta deskripsi sebaiknya sisipkanlah kata kunci di dalamnya, dan juga buatlah deskripsi yang kiranya menarik serta membuat penasaran hingga akhirnya user ingin klik website Anda. 

7. Outbound link - Gunakan Tautan Keluar

Outbound link merupakan strategi SEO white hat yang mudah untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung.

Tautan keluar ke halaman terkait membantu Google mencari tahu topik halaman Anda. Ini juga menunjukkan kepada Google bahwa halaman Anda adalah pusat informasi yang berkualitas.

8. Gunakan Internal Link

Gunakanlah tautan internal. Setidaknya gunakan 2-3 link pada setiap postingan. 

Tujuan memasang internal link pada blog yaitu untuk membantu mesin pencari mengexplore semua halaman dan dapat membaca semua struktur blog. Dengan memiliki struktur / keyword mapping yang bagus dan rapi, tentu dapat membantu semua artikel dengan mudah terindex pada search engine.

9. PageSpeed Website Harus Maksimal

Kecepatan loading blog saat ini sangat di prioritaskan. Oleh karena itu, optimalkan kecepatan website Anda. Jadikan halaman web Anda cepat di semua perangkat.

Pada video dibawah ini, kami akan memperlihatkan ke kalian kecepatan dari blog idkholis.com, hasil presentasinya silahkan lihat sendiri ya :)

on_page_seo


Itulah beberapa inti dari optimasi halaman website menggunakan On-Page SEO. Pada artikel berikutnya, kami akan memberikan ulasan optimasi website secara off-page seo. Nantikan ulasan berikutnya ya, jangan sampai ketinggalan ulasan menarik lainnya.

Labels: Belajar SEO

Thanks for reading On-Page SEO: Pengertian Serta Cara Menerapkan Agar Halaman Website Teroptimasi Dengan Baik. Please share...!

0 Comment for "On-Page SEO: Pengertian Serta Cara Menerapkan Agar Halaman Website Teroptimasi Dengan Baik"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan