Apa Yang Terjadi Saat Kanker Prostat Menyebar ke Tulang?

Sekitar 80 persen sel kanker prostat saat itu bermetastasis, atau menyebar, mereka akan menyebar ke tulang, seperti pinggul, tulang belakang, dan tulang panggul. Bisa dengan invasi langsung atau dengan bepergian melalui sistem darah atau limfatik Anda . Kanker prostat metastatik dianggap sebagai kanker prostat stadium lanjut. Setelah direlokasi, sel mulai tumbuh dan membentuk tumor baru. Pertumbuhan baru ini masih tergolong kanker prostat karena kanker pertama kali berkembang di prostat. Anda mungkin melihat gejala baru atau berbeda begitu Anda memiliki metastase tulang. Memiliki metastase tulang akan mengubah pilihan pengobatan, prognosis, dan pandangan Anda. Saat Anda mulai mempertimbangkan langkah selanjutnya, penting untuk mengetahui bahwa Anda memiliki banyak pilihan.
Apa_yang_terjadi_saat_kanker_prostat_menyebar_ke_tulang

Sekitar 80 persen sel kanker prostat saat itu bermetastasis, atau menyebar, mereka akan menyebar ke tulang, seperti pinggul, tulang belakang, dan tulang panggul. Bisa dengan invasi langsung atau dengan bepergian melalui sistem darah atau limfatik Anda . Kanker prostat metastatik dianggap sebagai kanker prostat stadium lanjut.

Setelah direlokasi, sel mulai tumbuh dan membentuk tumor baru. Pertumbuhan baru ini masih tergolong kanker prostat karena kanker pertama kali berkembang di prostat. Anda mungkin melihat gejala baru atau berbeda begitu Anda memiliki metastase tulang.

Memiliki metastase tulang akan mengubah pilihan pengobatan, prognosis, dan pandangan Anda. Saat Anda mulai mempertimbangkan langkah selanjutnya, penting untuk mengetahui bahwa Anda memiliki banyak pilihan.

Apa Gejala Kanker Prostat?


Gejala kanker prostat stadium lanjut meliputi:

- Susah buang air kecil
- Urin berdarah atau air mani
- Disfungsi ereksi
- Ejakulasi menyakitkan
- Bengkak pada daerah pelvis atau kaki
- Kelelahan
-Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Metastasis tulang

Setelah sel kanker menyebar ke tulang, Anda mungkin mengalami:

1. Sakit tulang
2. Tulang lemah , meningkatkan risiko patah tulang
3. Kompresi medula spinalis dan kelemahan atau mati rasa yang terkait
4. Kadar kalsium darah tinggi
5. Kekakuan atau nyeri di pinggul , paha, atau punggung

Gejala ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan kecacatan parah. Kompresi medula spinalis dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang dapat menyebabkan kelemahan otot atau kelumpuhan, mati rasa di kaki atau lengan, atau hilangnya kontrol fungsi kandung kemih dan usus.

Tingkat kalsium yang lebih tinggi dalam darah bisa terjadi saat kanker menggantikan tulang normal. Hal ini bisa memicu:

- Muntah
- Dehidrasi
- Kebingungan
- Ketidaknyamanan perut

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala di atas. Pengobatan dini dapat membantu memperlambat perkembangan kanker di tulang Anda dan meningkatkan harapan hidup Anda.

Apa pandangannya terhadap kanker prostat?


Tidak ada obat untuk kanker prostat metastatik saat ini tersedia, namun terapi baru memperpanjang hidup melebihi apa yang mungkin terjadi beberapa tahun yang lalu.

Secara umum, prospek jangka panjang dan harapan hidup Anda akan bergantung pada faktor-faktor seperti:

- Usia
- Kesehatan keseluruhan, termasuk kondisi lain yang Anda miliki
- Tingkat metastase
- Grade tumor
- Skor Gleason
- Kadar antigen spesifik prostat (PSA)
- Jenis dan respons terhadap perawatan yang Anda terima

Kanker prostat dan perawatannya bisa menyerang pria secara berbeda. Beberapa perawatan akan lebih efektif untuk beberapa orang daripada yang lain. Dokter Anda akan bisa mendiskusikan pandangan jangka panjang Anda dengan Anda. Hal ini bisa membantu saat membuat rencana untuk masa depan.

Tingkat kelangsungan hidup Kanker Prostat terpengaruh?

Sebuah studi oleh para peneliti di Denmark meneliti efek metastasis tulang terhadap tingkat kelangsungan hidup pria dengan kanker prostat.

Hasilnya di bawah ini:

Apa_yang_terjadi_saat_kanker_prostat_menyebar_ke_tulang

Kejadian terkait skeletal (SREs) mengacu pada komplikasi metastase tulang. Menurut Canadian Association Association Urologi , SRE adalah ketika metastase tulang:

1. Menyebabkan kompresi sumsum tulang belakang
2. Menyebabkan patah tulang
3. Memerlukan perawatan bedah ke tulang
4. Membutuhkan radiasi untuk nyeri atau penanganan fraktur yang akan dating

Tingkat Kelangsungan Hidup Kanker Prostat


Statistik tentang prospek jangka panjang untuk kanker prostat stadium lanjut mungkin tidak sepenuhnya akurat. Angka yang ada saat ini tidak mencerminkan pilihan perawatan yang lebih baru. Tapi tingkat mortalitas keseluruhan untuk kanker prostat terus turun seiring kemajuan pengobatan.

Bagaimana metastasis tulang diobati?


Saat ini tidak ada obat untuk kanker prostat stadium lanjut dengan metastase tulang. Pilihan perawatan untuk kondisi Anda akan bervariasi tergantung pada:

- Usia
- Tahap
- Gejala
- Dimana kanker telah menyebar
- Jika ada tulang yang patah atau melemah
- Kesehatan secara keseluruhan

Dokter Anda akan bekerja sama dengan Anda untuk menentukan pilihan pengobatan terbaik untuk kanker prostat dan metastase tulang Anda. Perawatan mungkin bersifat sistemik (mempengaruhi seluruh tubuh) atau lokal (terfokus pada tulang). Ini termasuk:

1. Androgen deprivation therapy (ADT), yang bekerja dengan menurunkan kadar testosteron dan memperlambat pertumbuhan kanker
2. Terapi hormonal seperti abiraterone dan enzalutamide
3. Kemoterapi , sering digunakan setelah tubuh berhenti merespons terapi hormon
4. Vaksin dan imunoterapi seperti Sipuleucel-T
5. Terapi radiasi
6. Radiofarmasi, seperti Metastron atau Xofigo
7. Bifosfonat, sekelompok obat untuk mengurangi risiko SRE dan menurunkan kadar kalsium
8. Denosumab, pilihan lain untuk mengurangi risiko SRE
9. Teknik ablasi, menggunakan jarum untuk menghancurkan tumor dengan panas, dingin, atau arus listrik

Di mana Anda bisa mencari tahu tentang perawatan baru?


Percobaan klinis berfokus pada menemukan strategi baru untuk mengobati, mencegah, dan mengendalikan penyakit tertentu, termasuk kanker prostat stadium lanjut. Studi ini juga mengeksplorasi keefektifan berbagai pilihan pengobatan pada berbagai kelompok orang. Bicaralah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang uji klinis yang mungkin sesuai untuk Anda. Periset selalu mencari peserta.


Uji Klinis kanker prostat

Sebagian besar dana untuk penelitian kanker prostat dilakukan pada pengobatan.

Apa efek samping pengobatannya?

Anda mungkin mengalami kelelahan, rambut rontok, atau perubahan mood. Ini adalah efek samping yang umum dari metastasis tulang dan perawatan kanker. Tapi efek sampingnya akan bervariasi tergantung pengobatan dan orangnya. Mereka dapat mencakup:

- Demam
- Mual
- Muntah
- Anemia
- Hot flashes
- Disfungsi ereksi atau penurunan minat seks
- Perubahan mood
- Bengkak atau nyeri di payudara
- Penambahan berat badan
- Masalah dengan fokus dan ingatan

Biarkan dokter Anda tahu jika Anda mengalami gejala baru. Rasa sakit bisa diobati, dikelola, atau lega. Dan seperti biasa, bicarakan dengan dokter Anda sebelum minum ibuprofen dan obat-obatan atau suplemen tanpa resep lain, terutama jika Anda sudah minum obat lain.

Efek Samping Bifosfonat

Komplikasi bifosfonat yang jarang tapi serius adalah osteonekrosis rahang (ONJ). ONJ adalah saat tulang rahang kehilangan suplai darah dan mati. Tidak ada perawatan untuk ONJ. Penting untuk mendapatkan evaluasi gigi sebelum memulai obat ini. Risiko terbesar untuk mengembangkan ONJ adalah rongga yang sudah ada sebelumnya atau gigi yang busuk . Bifosfonat tidak dianjurkan untuk pria dengan fungsi ginjal yang buruk, namun denousumab aman digunakan jika Anda menderita penyakit ginjal.

Mengelola nyeri dan kelemahan tulang

Gejala seperti mual, hot flashes, dan rasa sakit biasanya bisa lega dengan pengobatan. Beberapa orang menemukan bahwa perawatan gratis seperti akupunktur atau pijat membantu mengatur efek samping.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan operasi ortopedi untuk menstabilkan tulang Anda, mengurangi rasa sakit, dan membantu mencegah patah tulang.

Apa langkah selanjutnya?

Metastasis tulang memiliki efek mendalam pada prospek jangka panjang untuk kanker prostat. Tapi penting untuk diingat bahwa jumlahnya hanya statistik.

Kabar baiknya adalah bahwa harapan hidup untuk kanker prostat lanjut terus meningkat. Perawatan dan terapi baru menawarkan kehidupan yang lebih panjang dan kualitas hidup yang lebih baik. Bicaralah dengan dokter tentang pilihan pengobatan dan pandangan jangka panjang Anda.

Pengalaman kanker setiap orang berbeda. Anda mungkin menemukan dukungan melalui pembagian rencana perawatan Anda dengan teman dan keluarga. Atau Anda bisa beralih ke kelompok masyarakat setempat atau forum online seperti Male Care untuk mendapatkan saran dan kepastian.