Penyebab Diare Pada Bayi 0-6 Bulan, Bunda Wajib Paham!

Penyebab Diare Pada Bayi 0-6 Bulan

Penyebab diare pada bayi 0 6 bulan  – Diare adalah buang air besar yang ditandai dengan tinja yang encer dan berlendir dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Diare merupakan jenis penyakit yang sangat berbaya terlebih jika itu dialami oleh bayi yang masih berusia 0 – 6 bulan, karena dapat membuat tubuh kehilangan cairan.

Kehilangan cairan tersebut akan membuat tubuh sang bayi menjadi lemah tak bertenaga sedangkan nafsu makannya menurun. Dampak buruk dari diare yang tidak mendapatkan perawatan yang benar adalah kematian.

Penyebab Diare Pada Bayi 0 6 Bulan


Munculnya diare adalah sebagai akibat terjadinya gangguan pada sistem pencernaan yang difaktori oleh beberapa hal berikut sebagai penyebab diare pada bayi 0 6 bulan

1. Kandungan nutrisi di dalam ASI tidak terpenuhi dan ASI mengandung zat penyebab diare yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sang bunda.

2. Pemberian makanan pendamping, seperti yang kita ketahui bayi berusia 0 – 6 bulan seharusnya mendapatkan ASI eksklusif karena sistem pencernaannya masih lemah. Jadi jika diberikan makanan seperti orang dewasa maka pencernaanya akan bermasalah dan berahir dengan diare

3. Bayi terkontaminasi dengan bakteri dan virus, bakteri dan virus yang menyerang bayi bisa berasal dari lingkungan sang bayi yang tidak bersih.

Cara Mencegah Diare Pada Bayi 0 6 Bulan


Sebelum bayi anda terserang diare, maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut sebagai pencegahan:

1. Senantiasa menjaga kebersihan tubuh sang bayi dan pastikan tubuh anda selalu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh bayi.

2. Pastikan lingkungan sekitar sang bayi terbebas dari kontaminasi dan selalu steril.

3. Hindari memberikan makanan untuk orang dewasa pada bayi 0 – 6 bulan pertama.

4. Berikan ASI eksklusif

5. Bunda yang menyusui harus senantiasa memperhatikan pola makan, hindari mengkonsumsi makanan penyebab diare, seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, nangka, durian, dll, karena dapat membuat bayi yang mengkonsumsi ASI akan terserang diare.

Itulah beberapa penyebab diare pada bayi 0 6 bulan dan juga cara mencegahnya, semoga dapat menjadi pedoman bagi anda dalam menjaga kesehatan bayi anda.
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Penyebab Diare Pada Bayi 0-6 Bulan, Bunda Wajib Paham!. Please share...!

0 Comment for "Penyebab Diare Pada Bayi 0-6 Bulan, Bunda Wajib Paham!"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan