Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Biasakanlah anak anda untuk sarapan pagi sebelum berangkat sekolah setiap paginya. Karena sarapan memiliki pengaruh yang sangat penting bagi anak anda dalam proses belajar di sekolah.  Dilansir dari Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Panga (Pergazi) Bapak Prof. Hardinsyah mengatakan bahwa di Indonesia hanya tercatat sekitar 40% anak usia sekolah yang terbiasa sarapan pagi sebelum meraka berangkat sekolah.  Sungguh fakta yang sangat miris dan menyedihkan mengingat betapa pentingnya asupan makanan di pagi hari untuk anak - anak usia sekolah dalam perkembangan, pertumbuhan dan dalam proses belajar di sekolah meraka.

Tanpa disadari kita sebagai orang tua sering melupakan bahwa betapa pentingnya sarapan pagi untuk anak - anak kita sebelum mereka berangkat ke sekolah. Karena dengan sarapan pagi apat memenuhi 15 - 30 % kebutuhan gizi anak.

Seberapa Pentingkah Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah


Sarapan pagi sangat penting sebelum berangkat sekolah. Karena dengan begitu banyaknya aktivitas yang dilakukan di sekolah baik belajar, berinteraksi dengan guru maupun dengan teman dan lai lain membutuhkan energi yang cukup besar.

Dalam proses mencerna pelajaran yang diberikan pun otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup supaya dapat menangkap semua pelajaran dengan baik. Nah jika anak anda tidak sarapan pagi maka dia akan kekurangan tenaga untuk melakukan semua hal di atas tersebut.

Alhasil anak akan merasa loyo dan kurang bersemangat sehingga tidak dapat menangkap dan mencerna materi pelajaran dengan sempurna. Bahkan jika perut dalam keadaan kosong sama sekali dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Tentu ada tidak ingin kejdian ini terjadi pada anak anda bukan?

Selain dari menghasilkan energi untuk beraktivitas, sarapan pagi juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi anak kita. Denngan membiasakan anak kita untuk sarapan pagi, dia memiliki sumber energi yang cukup untuk digunakan untuk beronsentrasi menerima pelajaran - pelajatan ayang diberikan. Namun ketika anak kita tidak sarapan maka rasa lapar akan mengganggu dan membuat konsentrasi menjadi buyar.

Nah bagaimana agar anak kita mau dan terbiasa untuk sarapan pagi? Sebagai saran saja anda dapat membiasakan sarapan pagi bersama semua anggota keluarga. Dengan cara inipun anak anda dapat berinteraksi dengan anda dan anggota keluarga lainnya sehingga akan terjalin hubungan yang harmonis dalam keluarga.

Demikian sekilas pembahasan mengenai pentingnya sarapan pagi bagi anak sekolah. anak adalah harta berharga, aset keluarga, dan anugerah titipan Tuhan oleh karena itu kita wajib menjaganya dengan sebaik mungkin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel