Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda - Memilih nama domain untuk website ecommerce maupun ebusiness yang akan anda jalankan tersebut, juga merupakan hal yang sangat vital. Nama domain itu di ibaratkan sebagai sebuah nama produk, mungkin sebagai sebuah merek (brand) di dalam bisnis. Sedangkan hampir semua orang (dalam hal ini adalah konsumen dan calon konsumen) adalah mereka yang mudah mengingat nama yang unik, singkat, jelas, namun memberikan arti jelas dan padat.

Mengenal Nama Domain


Nama domain merupakan penamaan bersifat unik pada komputer di dalam jaringan komputer, yang bersifat hirarki dan terstruktur, untuk memudahkan pengguna di dalam mengingat disbanding mengingat dalam bentuk IP Address.

Nama domain menggunakan kata atau kalimat yang mudah di pahami oleh pengguna biasa (manusia) yang mana akan berelasi dengan alamat di dalam internet protocol.

Penterjemah nama domain ke IP address maupun sebaliknya, diatur dan di managemen oleh nama domain server (DNS), pada system operasi linux dan UNIX system, konfigurasi disisi pengguna dapat dilihat pada file/etc/resolv.conf.

Sebagaimana yang disebutkan tadi, nama domain memiliki hirarki terstruktur. Dalam level teratas, nama domain level teratas ini disebut dengan TLD (Top Level Domain). TLD terdiri atas Generic Top Level Domain (GTLD) dan Country Code Top Level Domain (CCTLD).

Misalkan saja nama domain .com, .net, .org, yang paling banyak digunakan di internet serta nama domain .id (untuk Indonesia), .us (untuk Amerika Serikat), dan lain-lain. Nah, bagaimana struktur dari TLD tersebut pada sebuah nama domain?


Gambar di bawah ini mengilustrasikannya kepada Anda.

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat


Pemilihan nama domain terkadang memang tidak melalui satu langkah saja, kadang pemain-pemain lama di dunia ecommerce dan teknologi Informasi kelas dunia pun memerlukan beberapa langkah untuk dapat menetapkan nama domain mereka.

Tidak itu saja, bahkan ada salah satu ecommerce Indonesia dengan pangsa pasar besar, yang memiliki pengalaman tersendiri di dalam menentukan nama domain untuk usaha yang mereka geluti tersebut, yaitu Tokopedia (www.tokopedia.com), penulis mencoba membahas satu saja studi kasus yang pernah ada, yaitu Tokopedia.

Menurut informasi yang disajikan secara resmi di dalam websitenya (https://www.tokopedia.com/blog/dibalik-nama-tokopedia/), Tokopedia membeberkan kepada khalayak umum di dunia Internet, bagaimana sejarah dipakainya nama Tokopedia untuk nama domain usaha ecommerce mereka tersebut. 

Awal mulanya, mereka berfikir untuk menggunakan nama domain belanjaaman.com, dengan pertimbangan hal yang menjadi nilai lebih dari ecommerce mereka adalah transaksi online yang aman dan nyaman bagi para konsumen.

Sayangnya nama domain ini terlalu panjang dan diragukan tidak akan melekat dengan baik dibenak para konsumen kelak. Kemudian berturut-turut dicoba nama domain lainnya, hingga dipilih Tokopedia. 

Ide kata Tokopedia ini adalah harapan agar usaha ecommerce mereka ini dapat menjadi ensiklopedia toko-toko online di Indonesia, semacam Wikipedia. Hingga kini, justru nama tokopedia sangat melekat dan familiar bagi sebagian besar konsumen online di Indonesia.

Menyimak dari perjalanan kisah dipakainya nama tokopedia tersebut, maka dapat diperoleh sejumlah hal mengenai tips memilih nama domainuntuk bisnis anda. Antara lain :

1. Pilih nama domain dengan ekstensi .com

Ekstensi .com untuk nama domain masih merupakan hal favorit bagi sebagian besar pengguna internet, termasuk pelaku ecommerce. Bagi pengguna internet pada umumnya (termasuk yang menjadi calon konsumen anda kelak), ekstensi .com tersebut memberi nilai lebih dari segi familiarnya.

Pembahasan pada artikel ini akan mengupas lebih detail peran dari ekstensi .com ini jika dibandingkan dengan ekstensi lainnya di dalam nama domain serta pilihan menggunakan ekstensi selain .com.

2. Pilih nama domain yang mudah di ingat

Pilih nama domain yang sesingkat mungkin, simple, pendek, namun sebisa mungkin kaya akan makna dan mudah diingat oleh masyarakat umum pengguna internet (saya ambil contoh idkholis.com, simple, pendek, dan mudah diingat), malah promosi nih, hehe.

Nama domain yang akan anda pilih ini bisa sekaligus menjadi merek (Brand) dari ecommerce yang anda jalankan.

3. Kesepakatan memilih nama domain

Terkait poin 2, rembugkanlah dengan rekan sesame tim anda, apabila ecommerce yang anda bangun ini dijalankan bersama-sama dengan tim anda tersebut. Sehingga diperoleh kesepakatan.

4. Periksa ketersediaan nama domain

Periksalah nama domain yang telah anda tentukan tersebut di internet menggunakan layanan-layanan yang tersedia. Misalkan saja layanan Go Dady (https://id.godaddy.com/domains/domain-name-search).

Apabila masih tersedia anda hendaknya segera memesan nama domain tersebut, sebelum pihak lain memesannya. Di internet masih terdapat pihak yang sengaja memesan sejumlah nama domain yang kira-kira akan dibutuhkan oleh orang lain. 



Misalkan apabila anda tetap berkehendak dengan nama domain yang anda pilih, sedangkan nama domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain, anda bisa membelinya dari pihak tersebut apabila di perjual belikan.

5.  Menggunakan jasa para pakar

Apabila anda merasa kurang di dalam teknis terkait dengan website dan Search Engine Optimization, anda bisa menggunakan layanan jasa konsultasi di bidang IT kepada para konsultan IT berpengalaman sehingga mampu menuntun anda untuk memulai langkah awal ecommerce dengan sebaik mungkin.

Nama domain yang memenuhi kriteria diatas setidaknya mampu memudahkan calon konsumen untuk mengingat usaha anda, meskipun layanan mesin pencari Google dapat dengan mudah membantu konsumen menemukan sebanyak mungkin layanan ecommerce serupa.

Nama domain yang baik akan mempertaruhkan reputasi ecommerce yang dijalankan sekaligus menjadi brand dari usaha tersebut.

Demikian tips memilih nama domain untuk bisnis anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Pages