Panduan Untuk Menggunakan dan Menerapkan SEO

Panduan Untuk Menggunakan dan Menerapkan SEO

Panduan Untuk Menggunakan dan Menerapkan SEO – Setelah mengetahui apa yang di maksud dengan Search Engine Optimization (SEO), Manfaat dari SEO, alur proses kerja SEO di dalamnya, maka kini perlu mengetahui panduan penggunaan Search Engine Optimization untuk halaman website Anda maupun artikel-artikel yang anda tuliskan (posting) di internet, sehingga mampu menaikkan hasil pencariannya pada mesin pencari (Search engine)

Panduan Untuk Menggunakan dan Menerapkan SEO


Di dalam menggunakan dan menerapkan SEO dibagi ke dalam dua kelompok utama. Kedua kelompok tersebut meliputi panduan dasar SEO (untuk tahap awal) dan panduan selanjutnya (Advance) untuk tahap yang lebih tinggi.

Panduan SEO Dasar (Tahap Awal)



Panduan dasar (tahap awal) untuk menggunakan dan menerapkan SEO ini dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah dan cepat, untuk artikel-artikel online maupun halaman website. Termasuk juga di dalamnya untuk halaman blog, micro blog, dan micro web.

Panduan dasar ini sebaiknya dilakukan untuk satu atau kedua buah kondisi berikut ini :

1. Apabila Anda masih pemula dan awan di bidang SEO
2. Apabila Anda sedang membuat sebuah situs, memposting sebuah artikel baru di blog atau web Anda, meskipun Anda telah berpengalaman di dalam SEO.

Beberapa tips berikut dapat Anda ikuti sebagai panduan tahap awal di dalam menggunakan dan mengimplementasikan SEO, antara lain :

  • Pilihlah kata kunci (Keyword) yang tepat untuk judul dari artikel Anda, konten-konten digital Anda, maupun halaman website dan blog Anda.
  • Sebagaimana poin nomor satu diatas, Anda dapat mengkombinasikan dua buah kata kunci atau lebih ke dalam judul dari artikel, konten-konten digital, maupun halaman webstie dan blog Anda.
  • Anda dapat menyertakan satu atau beberapa buah kata kunci tersebut pada Permalink, Meta Description, dan Heading dari artikel Anda.
Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sebuah website yang memuat banyak sekali artikel mengenai panduan pembelajaran system operasi linux, maka sebaiknya pada website tersebut (beserta dengan artikel-artikel lama maupun artikel-artikel baru saja Anda posting), Anda wajib menambahkan atau mengkombinasikan satu atau beberapa buah kata kunci yang umum di gunakan oleh pengguna internet di dalam melakukan pencarian terkait dengan system operasi linux. Misalkan kata-kata seperti tutorial, panduan, akan sangat cepat sekali di tampilkan di dalam hasil pencarian pada mesin pencari (Search engine)

Anda dapat mengkombinasikan kata-kata kunci utama tersebut dengan kata kunci tambahan lainnya. Misalkan Linux, Server, E-Book, Instalasi. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan kombinasi kata kunci “Panduan Linux Untuk Pemula” sebagai judul dari salah satu artikel Anda di internet, maka bisa dipastikan artikel Anda akan cepat di tampilkan di halaman awal pada mesin pencari hasil pencarian dari para pengguna internet yang menggunakannya untuk mencari panduan penggunaan system operasi linux bagi pemula.

Panduan SEO Tahap Selanjutnya (Advance)



Pada artikel ini akan dibahas mengenai panduan SEO tahap selanjutnya (Advance), yang merupakan kelanjutan dari panduan SEO dasar yang dijelaskan diatas. Panduan tahap selanjutnya ini sebaiknya dilakukan untuk kondisi satu atau beberapa buah kondisi berikut ini :

  • Anda sudah melaksanakan panduan tahap awal yang telah dijelaskan sebelumnya di bagian atas
  • Anda aktif di dalam menulis artikel online atau aktif di dalam memanbahkan konten-konten digital.
  • Anda aktif di dalam memperbarui halaman website Anda.
Beberapa buah tips berikut dapat Anda ikuti sebagai panduan tahap selanjutnya untuk menggunakan dan mengimplementasikan SEO pada website maupun artikel-artikel online Anda. Antara lain sebagai berikut :

1. Di dalam penulisan artikel online, utamakanlah menggunakan kata-kata Anda sendiri untuk menguraikan hal-hal yang ingin Anda ceritakan di dalamnya. Ide boleh mengambil dari ide orang lain (boleh menyertakan sumbernya), dengan tetap menggunakan orisinalitas karya Anda.

2. Penggunaan kata di dalam artikel-artikel Anda hendaknya jangan ,elebihi 300 buah kata. Hal ini selain menjadikan artikel Anda padat (namun tidak terlalu panjang), juga memudahkan di dalam menjalankan SEO terhadap artikel-artikel online Anda tersebut.

3. Penggunaan kata kunci pada artikel Anda setidaknya jangan melakukan empat kali penggunaan.

4. Sama halnya dengan nomor tiga di atas, penggunaan kata kunci pada halaman website Anda pun juga hendaknya tidak melebihi empat kali pemakaian.

5. Di dalam menuliskan kalimat, baik pada website maupun artikel online Anda, hendaknya kalimat terdiri atas kata-kata yang singkat. Selain kalimat menjadi ringkas, padat, dan mudah di mengerti, juga menjadikan kalimat tersebut mudah untuk dicari pada pencarian di Search Engine, terkait dengan SEO.

6. Buatlah ide-ide Anda ke dalam artikel online Anda maupun website Anda. Ide-ide unik ini akan menjadikan artikel maupun website Anda cepat untuk di tampilkan pada hasil pencarian di mesin pencari.

7. Penggunaan judul untuk halaman website Anda setidaknya jangan melebihi 60-64 buah karakter. Hal ini akan memudahkan mesin pencari di dalam menampilkan website Anda tanpa perlu pemotongan judul dari halaman web Anda tersebut. Pemotongan judul selain mengganggu informasi yang hendak Anda sampaikan kepada para pembaca, juga memberikan arti yang berbeda.

Demikian panduan untuk menggunakan dan Menerapkan SEO yang bisa Anda pelajari. Bantu share ya jika bermanfaat buat pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Pages