[Update] Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia 2017

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia 2017

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia 2017 – Langkah yang tidak kalah penting untuk dapat meraih kesuksesan di dalam ecommerce dan ebusiness adalah pemilihan layanan hosting terbaik. Bagaimana kita di dalam memilih layanan hosting yang baik? Apa manfaatnya? Pembahasan pada artikel di bawah ini akan menguraikan hal tersebut.

Hosting Terbaik Tidak Lepas Dari Kecepatan Akses Layanan Website


Hal pertama berkaitan dengan pemilihan layanan hosting terbaik untuk website ecommerce dan ebusiness anda adalah pemilihan kecepatan akses layanan website tersebut yang di sediakan oleh pihak web hosting. Hal ini sangat penting sekali.

Pengguna internet dan konsumen toko online Anda tidak boleh sampai kecewa dengan lambatnya mereka mengakses website toko online Anda, akibat keterlambatan bandwidth dan kecepatan yang diberikan oleh pihak hosting Anda.

Untuk dapat memilih layanan hosting terbaik Indonesia , dilihat dari kecepatan akses layanan di dalamnya, maka sejumlah hal berikut perlu di perhatikan. Antara lain adalah :

1. Hosting service uptime

Uptime menyatakan presentase seberapa lama atau seberapa sering sebuah website dapat diakses dengan baik dan lancer oleh para pengunjung atau pengguna internet.

Penyedia layanan web hosting terbaik tentu akan memperhatikan layanan uptime ini, demi kepuasan konsumen.

Dengan memilih layanan web hosting yang memiliki uptime yang baik, Anda dapat melakukan pemantauan web dan system anda secara remote dan online selama 24 jam terus menerus (24/7). Demikian pula, layanan yang Anda berikan kepada pengunjung dan konsumen toko online pun juga dapat diberikan secara optimal.

Penyedia layanan web hosting terbaik umumnya juga akan memberikan laporan statistic untuk uptime server, sehingga konsumen dapat ikut memantau. Meski demikian, secara pribadi, Anda dapat menggunakan layanan dari Basic state (www.basicstate.com) untuk penyajian statistic uptime server hosting yang anda gunakan tersebut.

2. Bahasa pemprogaman dan database yang digunakan

Umumnya semua layanan berbasis web akan menggunakan bahasa pemprogaman PHP dan database MySQL. Semua penyedia layanan web hosting akan menyediakan dukungan untuk PHP dan MyAQL. Untuk itu, Anda perlu memilih layanan web hosting terbaik yang menyediakan dukungan PHP dan MySQL versi terbaru dan adanya pembaruan (update) berkala, guna menjamin keamanan system.

Selain itu, penyediaan fasilitas tambahan seperti PHPMyAdmin dapat dijadikan penilaian tambahan, untuk mempermudah menejemen database anda berbasis GUI (Graphical User Interface)

3. Ketersediaan SSL dan dedicated IP address

Hampir semua layanan berbasis ecommerce menyediakan dukungan SSL (Secure Socket Layer) untuk keamanan transaksi. Misalkan untuk keamanan data-data transaksi elektronik ecommerce memanfaatkan kartu kredit.

Untuk menyediakan SSL ini, perlu adanya sertifikasi SSL dengan bantuan pihak ketiga. Misalkan dengan website Verisign (https://www.verisign.com/).

Tidak hanya itu saja, pengalamatan dalam bentuk Dedicated IP Address mutlak diperlukan agar verifikasi SSL ini bisa dilakukan dengan baik.

Dedicated IP Address yang dapat berubah-ubah setiap saat. Penyedia layanan internet atau disebut dengan ISP (Internet Service Provider) dapat memberikan Dedicated IP Address jika diperlukan. Maka, layanan web hosting yang mampu menyediakan fasilitas SSL dan Dedicated IP Address ini perlu dipilih untuk kelancaran ecommerce dan ebusinees anda.

4. Kapasitas akun

Poin keempat berupa kapasitas akun hanya berlaku untuk jenis shared hosting (akan dibahas pada poin keenam dibawah). Semakin banyak akun yang dapat ditampung di dalamnya, maka semakin besar pembagian sumber daya computer server, yang berujung kepada semakin kecilnya jatah pembagian yang diperoleh.

Maka dari itu, lebih disarankan penggunaan Dedicated Hosting, dimana hanya ecommerce saja yang menggunakan semua sumber daya server sepenuhnya.

5. Biaya yang di bebankan kepada konsumen

Biaya yang di bebankan oleh para penyedia layanan web hosting umumnya bervariasi, dari yang paling murah hingga yang termahal. Baik layanan web hosting dalam maupun luar Negeri, sama-sama memiliki variasi tentang harga beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk menjamin kualitas yang diperoleh, sebaiknya pilihlah harga termahal dengan fasilitas sebanyak mungkin. Sebagai contoh, dibandingkan memilih layanan shared hosting yang lebih murah, Anda lebih baik berkorban harga yang lebih tinggi untuk Dedicated Server.

Pembahasan keduanya ada pada poin keenam dibawah. Meskipun terdapat juga sejumlah layanan hosting Cuma-Cuma (gratis), namun tidak disarankan untuk ecommerce dan ebusinees, apalagi yang dijalankan secara serius. Mengingat hosting versi Cuma-Cuma umumnya memiliki banyak keterbatasan serta sulitnya melakukan migrasi ke versi hosting berbayar apabila dibutuhkan kelak.

6. Jenis hosting yang digunakan

Anda perlu memperhatikan jenis hosting yang anda gunakan, sebab perbedaan jenis hosting akan memberikan perbedaan layanan, kualitas layanan, performasi, dan tentu saja tingkat kepuasan didalamnya.

Jenis hosting umumnya terdiri atas tiga jenis, yaitu Shared Hosting, Virtual Server, dan Dedicated Server.

Penjelasan Jenis Hosting


Shared Hosting sebagaimana namanya, menawarkan pemakaian bersama (shared) semua sumber data yang digunakan pada computer server (misalkan harddisk dan ruang server).

Virtual Hosting memanfaatkan adanya virtualisasi, sehingga setiap pengguna (konsumen) seolah-olah memiliki servernya sendiri, padahal kenyataanya berbagi satu server yang sama.

Dedicated Server memberikan kenyamanan satu pengguna.

Bagi sebuah bisnis ecommerce, dedicated server merupakan pilihan yang umum digunakan, dengan beragam pertimbangan untuk kemajuan bisnis kedepan.

Kehandalan di dalam jaringan computer (internet)


Faktor yang perlu di perhatikan terkait dengan layanan web hosting untuk ecommerce dan ebusinees anda adalah kehandalan dan kualitas layanan di sisi penyedia layanan (Quality Of Service) pada jaringan computer. Poin-poin yang berhubungan dengan hal ini antara lain :

Bandwidth yang diberikan oleh penyedia layanan web hosting dan internet service provider (ISP)


Di dalam memilih layanan hosting terbaik Indonesia, perhatikanlah besar bandwidth yang diberikan, hal ini penting untuk QoS pada layanan ecommerce yang anda gunakan.

Umumnya web hosting terbaik gratis memberikan sejumlah pilihan (dalam bentuk paket), dimana konsumen dapat menentukan sendiri paket mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut contoh paket yang disediakan web hosting Niagahoster.

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia 2017

Setiap paket umumnya menyajikan besar bandwidth dan kapasitas penyimanan yang berbeda, bahkan untuk Dedicated server, disediakan khusus 1 server untuk 1 pengguna.

Delay dan Jitter yang terjadi di dalam layanan pada internet dan web hosting


Delay dan jitter merupakan dua hal yang juga turut berpengaruh terhadap QoS di dalam layanan ecommerce dan ebusinees anda. Untuk itu, selain memperhatikan besar bandwidth yang diberikan oleh penyedia layanan web hosting yang anda gunakan, perhatikan juga delay dan jitter di dalamnya.

Sejumlah aplikasi dapat diinstal pribadi untuk memantau hal ini, namun tidak ada salahnya untuk menanyakan langsung administrator layanan atau customer service.

Kehandalan di dalam melayani banyak permintaan dari client


Kehandalam di dalam melayani banyak permintaan dari client di dalam jaringan computer, tanpa menyebabkan layanan berhenti ataupun mati.

Kehandalan dapat dibutuhkan dengan memanfaatkan teknologi cloud computing pada server penyedia hosting web ecommerse.

Adanya visualisasi dan ketiga jenis layanan pada cloud computing menjamin kehandalan tersebut dapat tercapai untuk menyajikan layanan 24/7.

Kemampuan untuk tetap dapat menyajikan layanan meskipun system sedang maintenance


Kemampuan untuk tetap dapat menyajikan layanan meskipun system sedang dalam perawatan, perbaikan dan pengembangan secara langsung (bersifat real time dan online) kemampuan pada poin keempat ini juga di sediakan oleh teknologi cloud computing apabila disertakan pada layanan web hosting.

Teknologi ini disebut dengan Hot swap. Mengingat bahwa layanan kepada konsumen adalah harga mati dalam suatu bisnis, maka hot swap adalah solusi untuk tetap dapat menyajikan layanan, meskipun system tengah mengalami perbaikan, pengembangan, dan perawatan.

Demikian referensi sederhana yang saya share mengenai Cara Memilih Web Hosting Terbaik Indonesia 2017. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Pages