Beberapa Contoh Layanan Ecommerce Indonesia

Beberapa Contoh Layanan Ecommerce Indonesia

Ecommerce Indonesia – Pada artikel berikut ini kita akan membahas mengenai layanan Ecommerce pada jaringan internet, yang melayani di Indonesia. Layanan Ecommerce ini ada yang mengkhusus kepada satu jenis produk saja, namun ada juga yang majemuk. Beberapa buah layanan ecommerce Indonesia antara lain adalah OLX, Lazada, Bhineka, dan Tokopedia. Pembahasan masing-masing disajikan pada artikel di bawah ini.

Daftar Layanan Ecommerce Indonesia


1. OLX

Beberapa Contoh Layanan Ecommerce Indonesia

OLX merupakan salah satu layanan Ecommerce Indonesia yang memberikan kemudahan bagi setiap pengguna internet untuk memasang iklan produk barang dan jasa yang mereka sediakan serta memberikan layanan bagi pengguna internet yang ingin mencari dan membeli produk barang dan jasa tertentu.

Setiap barang dan jasa, yang merupakan hasil pemasangan iklan dari para pengguna internet lainnya yang telah terdaftar, di kategorikan ke dalam sejumlah kategori dan sub kategori. Hal ini akan memudahkan pengunjung (calon konsumen) di dalam mencari barang dan jasa yang mereka butuhkan.

Selain itu, fitur pencarian yang disajikan juga sangat membantu dalam hal ini. Di dalam bersaing dengan competitor lainnya yang serupa, OLX telah mampu mewujudkan ditanya sebagai salah satu layanan ecommerce terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

2. Lazada


Lazada merupakan salah satu layanan ecommerce kelas dunia yang memiliki banyak cabang di sejumlah Negara di dunia. Salah satu cabang tersebut adalah di Indonesia. Lazada terbentuk dari sebuah perusahaan di Jerman bernama Rocket Internet, yang telah mampu membangun sejumlah bisnis dunia.

Apakah kelebihan yang diberikan oleh Lazada di bandingkan layanan Ecommerce serupa lainnya?

Secara tampilan dan produk yang dijual, Lazada tidak jauh berbeda dengan sejumlah layanan ecommerce yang telah ada. Namun lazada menerapkan konsep pelayanan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Misalkan berupa pembayaran langsung melalui kurir pengiriman barang (sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen), pemesanan produk di awal (pre order), pengembalian barang yang telah dibeli apabila tidak sesuai dengan keinginan konsumen (sesuai perjanjian), bunga ringan, dan sejumlah promosi lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, lazada telah mampu mendulang kesuksesan di dalam menjual ribuan produk smartphone kepada konsumen online. Salah satunya yang memperoleh sambutan luas dari konsumen Indonesia.

Apabila anda ingin mencoba menggunakan layanan-layanan ecommerce, lazada dapat di coba untuk diperhitungkan.

3. Bhinneka


Bhinneka merupakan sebuah salah satu layanan ecommerce yang berasal dari Indonesia, untuk melayani pasaran produk di seluruh Indonesia dan di dunia, secara online berbasiskan koneksi internet.

Bhinneka lebih identik sebagai layanan ecommerce untuk produk elektronik, meskipun produk non elektronik juga dapat di temukan di dalam estalase toko online ini.

Penyajian layanan ecommerce oleh bhinneka disajikan dengan lebih interaktif ke dalam sejumlah kategori dan sub kategori barang yang disajikan, dimana pengelolanya dilakukan oleh administrator bhinneka.

Keranjang belanja virtual diberikan untuk setiap pembeli yang akan melakukan transaksi di dalam layanan bhinneka. Selain itu, secara umum juga dapat dilakukan perbandingan harga dan fitur pada sejumlah produk yang relative sama, sehingga dapat diketahui produk mana yang bisa dibeli.

Pada beberapa event, misalkan terkait dengan tahun baru ataupun hari besar keagamaan, bhinneka selalu mengadakan diskon dan hadiah untuk para konsumen onlinenya.

4. Tokopedia


Tokopedia merupakan salah satu toko online yang bertindak sebagai pasar, mall, atau trade center, dimana di dalamnya dapat terdiri atas ratusan hingga ribuan pengguna internet yang bertindak sebagai penjual maupun toko online yang membuka cabang dalam bentuk tautan promosi di dalamnya, untuk produk dan jasa yang di tawarkan secara online ke para pengguna internet lainnya di dunia.

Nama tokopedia dimaksudkan oleh para pendirinya sebagai ensiklopedia online (semacam Wikipedia) khusus untuk toko-toko online di Indonesia dan dunia, yang berkumpul menjadi satu website tokopedia ini, sehingga memudahkan konsumen dari pengguna internet untuk berbelanja online.

Sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas, website tokopedia sama seperti website toko online pada umumnya. Terdapat kategori untuk produk yang dijual, kolom pencarian, layanan pendaftaran akun dan login bagi para konsumen online, sehingga blog yang membuat berita, informasi, dan bahkan testimosi.


Tokopedia berusaha untuk dapat selengkapnya dan semurah mungkin di dalam menyajikan produk dan harga jualnya kepada para konsumen online. Layanan konsumen 24 jam secara online dan transaksi yang aman dan terpercaya menjadi dua layanan uatama untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan kepuasan mereka di dalam berbelanja pada toko online ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Pages